PERAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MEMBENTUK CITRA DIRI REMAJA PADA SANTY SASTRA PUBLIC SPEAKING

I DEWA AYU PUSPADEWI, - (2021) PERAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MEMBENTUK CITRA DIRI REMAJA PADA SANTY SASTRA PUBLIC SPEAKING. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
171306115_I Dewa Ayu Puspadewi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kemajuan zaman ditandai dengan kecanggihan teknologi. Melalui berbagai
perkembangan teknologi yang hadir dapat mengubah interaksi manusia. Sebagai
bukti kecanggihan teknologi ialah hadirnya media sosial yang memudahkan dan
menjadikan nyaman. Salah satu media sosial yang populer digunakan dengan
mengutamakan konten visualnya adalah instagram. Penggunaan instagram dengan
berbagai fitur-fitur menarik di dalamnya lebih banyak digunakan oleh usia remaja.
Karakteristik remaja yang masih labil dan ingin dapat menonjolkan diri menjadikan
remaja aktif menggunakan media sosial instagram untuk dapat merepresentasikan
diri yang diinginkannya. Seperti remaja pada Santy Sastra Public Speaking yang
aktif menggunakan media sosial instagram dalam membentuk citra diri sebagai
public speaker. Potensi yang dimiliki oleh remaja dalam dunia public speaking
termanifestasi dalam bentuk citra diri yang ditampilkan pada media sosial
instagram. Hal tersebut menjadikan remaja sulit lepas dari penggunaan media sosial
instagram.
Berdasarkan uraian tersebut, penelitian ini memfokuskan pada pembahasan
mengenai: 1) Apakah keunggulan media sosial instagram dalam membentuk citra
diri remaja pada Santy Sastra Public Speaking?, 2) Bagaimana strategi remaja pada
Santy Sastra Public Speaking dalam membentuk citra diri di media sosial
instagram?, 3) Bagaimana efek media sosial instagram dalam membentuk citra diri
remaja pada Santy Sastra Public Speaking?. Tujuan penelitian ini adalah
mendeskripsikan dan menganalisis dari penggunaan media sosial instagram pada
remaja Santy Sastra Public Speaking. Adapun teori yang digunakan dalam
menganalisis ketiga rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: 1) Teori Uses and
Gratification, 2) Teori Agenda Setting, dan 3) Teori Dependensi Efek Komunikasi
Massa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Terdapat dua lokasi penelitian ini, yaitu media sosial instagram dan
lokasi fisik. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara,
kuesioner dan studi kepustakaan.
Hasil penelitian ini menunjukkan 1) media sosial instagram bersifat masif dan
populer, media sosial instagram memiliki kelengkapan fitur-fitur yang dapat
memenuhi kebutuhan remaja dalam membentuk citra diri sebagai public speaker
meliputi multiple post, highlight story, live instagram, bio, dan hashtag. 2) strategi
yang digunakan, meliputi konsistensi tampilan di media sosial instagram, selektif
dalam mengunggah, dan pengutamaan konten. 3) efek penggunaan media sosial
instagram dalam membentuk citra diri remaja pada Santy Sastra Public Speaking,
meliputi efek kognitif berupa perluasan keyakinan terhadap citra diri dan
peneguhan identitas personal, efek afektif berupa memberikan kesan positif dan
pelepasan ketegangan, efek behaviorial berupa sikap bijak menampilkan konten
dan menutup sementara akun jika memengaruhi emosional.
Kata kunci: Media Sosial, Instagram, Citra Diri, Remaja, Public Speaking.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Dharma Duta > S1 - Ilmu Komunikasi Hindu
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 15 Aug 2024 06:39
Last Modified: 15 Aug 2024 06:39
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/253

Actions (login required)

View Item
View Item