STRATEGI PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER YOGA DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA SD NEGERI 13 SESETAN DENPASAR

NI LUH PUTU YULIANI, - (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER YOGA DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA SD NEGERI 13 SESETAN DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
141111041_Ni Luh Putu Yuliani.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Abstrak
Pembelajaran sangat membutuhkan pemahaman agar memperoleh output yang baik, oleh karena itu wajib menggunakan strategi yang tepat dan efektik untuk memperoleh output yang baik. Akan tetapi dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi saat ini, konsentrasi belajar siswa tidak serta merta dapat dimiliki oleh siswa. Oleh sebab itu SD Negeri 13 Sesetan mempunyai strategi berupa pembiasaan serta active learning untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa serta menumbuhkan karakter siswa di SD Negeri 13 Sesetan. Yoga adalah salah satu ekstrakurikuler sebagai media untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Berdasarkan dengan penjelasan tersebut, penulis mengkaji beberapa hal dalam penelitian diantaranya 1) Bagaimanakah proses pelaksanaan ekstrakurikuler yoga dalam pengembangan karakter siswa SD Negeri 13 Sesetan Denpasar? 2) Kendala-kendala apa saja yang ada dalam pelaksanaan ekstrakurikuler yoga dalam pengembangan karakter siswa di SD Negeri 13 Sesetan Denpasar? 3) Upaya apa yang dilakukan guna menangani kendala-kendala dalam pelaksanaan ekstrakurikuler yoga dalam pengembangan karakter siswa di SD Negeri 13 Sesetan Denpasar?. Teori dalam menganalisis rumusan masalah menggunakan Teori Behavioristik, Teori Nilai dan Teori Konstruktivisme. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara keperpustakaan dan studi dokumen dengan penentuan informan menggunakan purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan langkah – langkah reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan 1) Proses ekstrakurikuler yoga berjalan sebagaimana terjadwal dengan banyak manfaat yang didapat termasuk meningkatkan konsentrasi belajar mengajar siswa serta peningkatan karakter dari sebuah kebiasaan yoga. 2) kendala yang dihadapi saat melaksanakan kegiatan yoga berasal dari faktor internal dan eksternal. 3) Upaya SD Negeri 13 Sesetan dalam melaksanakan kegiatan yoga dengan memfasilitasi kegiatan yoga agar tidak memberatkan orang tua serta meningkatkan kompetensi tenaga pendidik.
Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Yoga, Karakter Siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: Tude
Date Deposited: 21 Aug 2024 05:42
Last Modified: 21 Aug 2024 05:42
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/282

Actions (login required)

View Item
View Item