PERAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR AGAMA HINDU DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 UBUD

ANAK AGUNG MIRAH DWICAHYANTI, - (2021) PERAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR AGAMA HINDU DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 UBUD. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
161101108_Anak Agung Mirah Dwicahyanti.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Abstrak
Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu di SMA masih berorientasi pada kegiatan yang didominasi oleh guru, sehingga keterlibatan siswa masih terbatas pada penerimaan materi. Berdasarkan hal tersebut dibutuhkan media pembelajaran untuk meningkatkan peran siswa. Adapun masalah yang akan dibahas antara lain yaitu 1. Bagaimana hasil belajar sebelum diterapkan media audio visual pada pembelajaran Agama Hindu di SMA Negeri 1 Ubud ?, 2. Bagaimana hasil belajar setelah diterapkan media audio visual pada pembelajaran Agama Hindu di SMA Negeri 1 Ubud ?, 3. Apakah ada peran media audio visual terhadap hasil belajar Agama Hindu di SMA Negeri 1 Ubud ?.
Jenis penelitian merupakan eksperimen dengan kelompok kontrol dan eksperimen. Dalam penelitian ini menggunakan tiga teori yakni yang pertama media audio visual, dimana media ini akan digunakan pada kelompok eksperimen, yang kedua model pembelajaran konvensional yang diterapkan pada kelompok kontrol, dan yang ketiga hasil belajar, dari penggunaan media pembelajaran audio visual dan model pembelajaran konvensional akan terlihat perbedaan hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data adalah tes. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis inferensial nonparametrik melalui bantuan program SPSS.
Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sebelum eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 71,42 termasuk kedalam kategori sedang. Hasil belajar yang mengikuti model pembelajaran konvensional 75,56 termasuk kedalam kategori sedang. Sedagkan hasil belajar agama Hindu pada siswa yang mengikuti media pembelajaran audio visual sebesar 83,21 kategori tinggi dan sangat tinggi. Terdapat perbedaan hasil belajar pendidikan agama Hindu antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media audio visual dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada kelas XI SMA Negeri 1 Ubud.
Kata kunci : Media Audio Visual, hasil belajar Agama Hindu

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: Tude
Date Deposited: 21 Aug 2024 05:59
Last Modified: 21 Aug 2024 05:59
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/285

Actions (login required)

View Item
View Item