STRATEGI GURU DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS AJARAN TRI KAYA PARISUDHA DI SD NEGERI 2 PEGUYANGAN

GUSTI AYU SARI PURNAMI, - (2021) STRATEGI GURU DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS AJARAN TRI KAYA PARISUDHA DI SD NEGERI 2 PEGUYANGAN. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
161101129_Gusti Ayu Sari Purnami.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Abstrak
Karakter merupakan watak, tabiat, akhlak atau kepribadian seseorang yang terbentuk dari hasil internalisasi berbagai kebajikan yang diyakini dan digunakan sebagai landasan untuk cara pandang, berfikir, bersikap dan bertindak Mengingat karakter anak bangsa yang kian merosot maka dibutuhkan pendidikan karakter untuk membentuk karakter siswa. Pendidikan karakter adalah suatu sistem pendidikan yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter tertentu kepada peserta didik, di mana di dalamnya terdapat komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, serta tindakan untuk melakukan nilai-nilai tersebut. Pendidikan karakter yang sekarang ini diajarkan yakni berbasis ajaran Tri Kaya Parisudha yang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran. Dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan mewujudkan siswa yang berkarakter maka dibutuhkan strategi yang dapat membetuk karakter siswa melalui ajaran Tri Kaya Parisudha.
Berdasarkan dengan hal tersebut, maka yang dikaji dalam penelitian ini yakni: (1) Bagaimana strategi guru dalam implementasi pendidikan karakter berbasis ajaran Tri Kaya Parisudha di SD Negeri 2 Peguyangan. (2) Apa sajakah hambatan-hambatan yang dihadapi oleh guru dalam pengimplementasian pendidikan karakter berbasis ajaran Tri Kaya Parisudha di SD Negeri 2 Peguyangan. (3) Upaya-upaya apa saja yang dilakukan oleh guru untuk menanggulangi hambatan-hambatan dalam pengimplementasian pendidikan karakter berbasis ajaran Tri Kaya Parisudha di SD Negeri 2 Peguyangan.
Teori yang digunakan dalam menganalisis rumusan masalah adalah Teori belajar kognitif, Teori perkembangan dan Teori struktural fungsional.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, studi dokumentasi dan studi kepustakaan data yang dikumpulkan dianalisis dengan metode deskriptif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa strategi guru dalam implementasi pendidikan karakter berbasis ajaran Tri Kaya Parisudha di SD Negeri 2 Peguyangan meliputi: (1) implementasi pendidikan karakter dalam bidang manacika parisudha yaitu guru mengajarkan siswa untuk melakukan persembahyangan sebelum memulai kegiatan pembelajaran. (2) implementasi dalam bidang wacika parisudha yaitu guru memotivasi peserta didik dan guru mengajarkan siswa untuk mengucapkan salam atau Om Swastyastu, atau salam,senyum, sapa, sopan dan santun. (3) implementasi pendidikan karakter dalam bidang kayika parisudha yaitu guru membiasakan siswa menjaga kebersihan, guru membiasakan siswa untuk mengerjakan tugas dan guru selalu mengecek kehadiran siswa. Hambatan-hambatan yang mempengaruhi dalam implementasi pendidikan karakter berbasis ajaran Tri Kaya Parisudha yaitu sarana pembelajaran, dan kedisiplinan siswa. Upaya-upaya yang dilakukan oleh guru dalam menanggulangi hambatan-hambatan dalam implementasi pendidikan karakter berbasis ajaran Tri Kaya Parisudha yaitu melakukan pelatihan untuk guru, menambah wawasan dengan buku-buku dan melakukan pendekatan lebih intensif pada siswa.
Kata Kunci: Strategi, Guru, Pendidikan, Karakter, Tri Kaya Parisudha.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: Tude
Date Deposited: 21 Aug 2024 07:32
Last Modified: 21 Aug 2024 07:32
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/289

Actions (login required)

View Item
View Item