PEMENTASAN TARI BEDAG-BEDAGAN DI BANJAR MANUKAYA LET DESA MANUKAYA KECAMATAN TAMPAKSIRING KABUPATEN GIANYAR

I MADE YOGA PRANATA, - (2021) PEMENTASAN TARI BEDAG-BEDAGAN DI BANJAR MANUKAYA LET DESA MANUKAYA KECAMATAN TAMPAKSIRING KABUPATEN GIANYAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
161101144_I Made Yoga Pranata.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Pementasan Tari Bedag-bedagan yang dilaksanakan pada saat wuku dungulan di Pura Agung Banjar Manukaya Let, Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar dalam pementasannya memiliki filosofi/nilai moral yaitu “braya atut sampi idup” yang artinya dengan persatuan dan kerukunan akan menciptakan kehidupan yang damai dan makmur. Pandangan masyarakat setempat meyakini tari Bedag-bedagan sebagai tarian upacara yang sakral, serta selalu dipentaskan pada saat wuku dungulan
Adapun masalah yang akan dibahas antara lain (1) Bagaimana sejarah Pementasan Tari Bedag-bedagan di Banjar Manukaya Let, Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar? (2) Sarana upacara apa saja yang digunakan dalam Pementasan Tari Bedag-bedagan di Banjar Manukaya Let, Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar? (3) Nilai pendidikan apa saja yang terkandung dalam Pementasan Tari Bedag-bedagan di Banjar Manukaya Let, Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar? Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui Bagaimana sejarah Pementasan Tari Bedag-bedagan di Banjar Manukaya Let, Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar. (2) Untuk mengetahui Sarana upacara apa saja yang digunakan dalam Pementasan Tari Bedag-bedagan di Banjar Manukaya Let, Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar. (3) Untuk mengetahui Nilai pendidikan apa saja yang terkandung dalam Pementasan Tari Bedag-bedagan di Banjar Manukaya Let, Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar.
Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah adalah: teori Fungsional Struktural dari Kaplan, teori Religi dari Koentjaraningrat dan teori Nilai dari Soemargono. Subjek penelitian adalah masyarakat Banjar Manukaya Let, objek adalah pementasan tari Bedag-bedagan. Teknik pengumpulan data, observasi, wawancara, dokumentasi dan kepustakaan. Data yang telah dikumpul dianalisis dengan metode analisis kualitatif deskriptif dengan langkah-langkah reduksi data, klasifikasi data dan interpretasi.
Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh hasil bahwa Pementasan Tari Bedag-bedagan meliputi: bentuk tari Bedag-bedagan antara lain penari, tata busana dan kelengkapan, tata gerak tari Bedag-bedagan, Pengiring/gambelan, tempat pementasan tari Bedag-bedagan. Sarana upacara yang digunakan dalam pementasan tari Bedag-bedagan meliputi: banten pejati antara lain daksina, peras, penyeneng, tipat kelanan, sodaan/ajuman/rayunan, segehan. Banten sorohan, banten suci dan segehan agung. Nilai pendidikan yang terkandung dalam pementasan tari Bedag-bedagan adalah nilai pendidikan tatwa, nilai pendidikan susila dan nilai pendidikan upacara
Kata Kunci: pementasan, Tari Bedag-bedagan, Pendidikan Agama Hindu

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: Tude
Date Deposited: 22 Aug 2024 02:26
Last Modified: 22 Aug 2024 02:26
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/290

Actions (login required)

View Item
View Item