PENERAPAN LITERASI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 4 TONJA DENPASAR

KADEK YOGI SUMERTAYASA, - (2021) PENERAPAN LITERASI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 4 TONJA DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of 161101190_Kadek Yogi Sumertayasa.pdf] Text
161101190_Kadek Yogi Sumertayasa.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Abstrak
Untuk mewujudkan suatu pendidikan yang ideal tidaklah mudah, terutama di era globalisasi ini. Seiring berjalannya waktu tanpa disadari pengaruh globalisasi membawa dampak tersendiri bagi peserta didik, baik itu dampak positif ataupun dampak negatif. Pendidikan karakter sangat perlu dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal negatif dari perkembangan teknologi. Banyak cara dalam melaksanakan pendidikan Karakter tersebut. Salah satunya melalui pelaksanaan literasi. Literasi merupakan kemampuan dan keterampilan individu dalam berbahasa yang meliputi membaca, menulis, menyimak dan berbicara pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.
Dengan meninjau masalah-masalah dan fenomena yang terjadi di lapangan yang sempat peneliti temukan maka dapat dirumuskan masalah: 1). Bagaimana Penerapan Literasi Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 4 Tonja Denpasar? 2). Apa Saja Kendala-Kendala yang Dihadapi Pada Penerapan Literasi Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 4 Tonja Denpasar 3). Upaya Apa Yang Dilakukan Untuk Mengatasi Kendala-Kendala Pada Penerapan Literasi Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 4 Tonja Denpasar?.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Behavioristik, dan teori Kontruksivisme. Sedangkan metodologi yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: Jenis Penelitian yaitu penelitian kualitatif, Lokasi Penelitian, Jenis dan Sumber, Subjek dan objek penelitian, instrument penelitian, Teknik Penentuan Informan, Teknik Pengumpulan Data yaitu Observasi, Wawancara, Dokumentasi, Studi Kepustakaan, Teknik Analisi Data, Reduksi Data, Penyajian Data, Penarikan Kesimpulan/Verifikasi, Teknik Penyajian Hasil Analisis Data.
Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1). Bentuk Penerapan Literasi di Sekolah Dasar Negeri 4 Tonja Denpasar yaitu; Penyediaan Lingkungan Literasi, Teknik Penerapan Literasi dan Implikasi Pelaksanaan Literasi 2). Kendala Pelaksanan Literasi Dalam Pembentukan Karakter Siswa diantaranya lingkungan literasi, kemampuan siswa dan orang tua. 3). Upaya Mengatasi Kendala Pelaksanaan Litersi Dalam Pembentukan Krakter Siswa yaitu lingkungan literasi, kemampuan siswa dan orang tua.
Kata Kunci: Penerapan Literasi, Karakter Siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: Tude
Date Deposited: 22 Aug 2024 02:51
Last Modified: 22 Aug 2024 02:58
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/295

Actions (login required)

View Item
View Item