PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS AJARAN CATUR PARAMITA DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU KEAGAMAAN PADA ANAK-ANAK SANGGAR KUKURUYUK KOTA DENPASAR

I GUSTI AGUNG AYU DEWI WIKANTARI, - (2021) PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS AJARAN CATUR PARAMITA DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU KEAGAMAAN PADA ANAK-ANAK SANGGAR KUKURUYUK KOTA DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of 171101109_I Gusti Agung Ayu Dewi Wikantari.pdf] Text
171101109_I Gusti Agung Ayu Dewi Wikantari.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak
Perilaku keagamaan merupakan suatu kesadaran seseorang dalam menaati ajaran maupun nilai yang telah diatur dalam agama yang dianut sehingga perilakunya senantiasa terpuji baik dari pikiran, perkataan, dan perbuatan. Salah satu ajaran Agama Hindu yang bisa dijadikan acuan berperilaku adalah ajaran Catur Paramita. Ajaran ini menuntun anak-anak agar senantiasa menaati perbuatan yang luhur, mencakup (1) Maitri (bersahabat), (2) Karuna (cinta kasih), (3) Mudita (simpati), dan (4) Upeksa (toleransi). Sanggar Kukuruyuk mengkombinasikan aktifitas mendongeng, bermain, dan bernyanyi untuk menanamkan ajaran Catur Paramita anak-anak.
Adapum permasalahan yang diangkat yakni (1) Mengapa ajaran Catur Paramita penting diberikan kepada anak-anak dalam mengembangkan perilaku keagamaan di Sanggar Kukuruyuk Kota Denpasar ?, (2) Bagaimana cara Sanggar Kukuruyuk Kota Denpasar dalam mengembangkan perilaku keagamaan berbasis ajaran Catur Paramita pada anak-anak ?, (3) Bagaimana implikasi dari penerapan pendidikan karakter berbasis ajaran Catur Paramita bagi anak-anak Sanggar Kukuruyuk Kota Denpasar ?. Tujuan penelitian ini yakni mengetahui pentingnya ajaran Catur Paramita pada anak-anak, cara Sanggar Kukuruyuk menanamkan ajaran Catur Paramita pada anak-anak, serta dampak dari penerapan ajaran Catur Paramita terhadap anak-anak binaan Sanggar Kukuruyuk.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Teori yang digunakan yakni : (1) Teori Karakter, (2) Teori Behavioristik. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ajaran Catur Paramita dapat menuntun anak-anak agar senantiasa menaati 4 perilaku yang luhur meliputi maitri, karuna, mudita, dan upeksa (2) Sarana yang digunakan oleh Sanggar Kukuruyuk sangat efektif untuk menanamkan ajaran Catur Paramita pada anak- anak, (3) Dampak ajaran Catur Paramita pada anak-anak yakni terbentuknya karakter ramah, setia kawan, pemaaf, mengasihi, rendah hati, simpati, tolong menolong, toleransi, dan sportif.
Kata kunci: Pendidikan karakter, ajaran Catur Paramita, perilaku keagaman.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: Tude
Date Deposited: 22 Aug 2024 03:24
Last Modified: 22 Aug 2024 03:24
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/301

Actions (login required)

View Item
View Item