PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DARING MASA PANDEMI COVID 19 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 MENGWI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

NI PUTU AYU TRI MERLI SRI ANGGRENI, - (2021) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DARING MASA PANDEMI COVID 19 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 MENGWI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
171101123_Ni Putu Ayu Tri Merli Sri Anggreni.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Abstrak
Motivasi dan belajar merupakan dua hal yang saling mempengaruhi. Siswa akan giat belajar jika siswa mempunyai motivasi untuk belaja. Dalam pembelajaran pendidikan agama hindu dan budi pekerti, tinggi rendahnya motivasi belajar siswa sering dikaitkan dengan keberhasila atau kegagalan siswa dalam keberhasilan belajar. Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar daring masa pandemi covid 19 pada mata pelajaran pendidikan agama hindu dan budi pekerti kelas VIII di SMP Negeri 3 Mengwi tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan rancangan ex-post facto dengan studi penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Mengwi yang berjumlah 211 orang. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling dan didapat jumlah sampel sebanyak 32 orang. Pengumpulan data motivasi belajar dan hasil belajar daring dilakukan dengan penyebaran kuesioner motivasi dan tes kompetensi pengetahuan Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti dengan bentuk tes pilihan ganda. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linear. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa motivasi belajar (X) dan hasil belajar daring (Y) mempunyai pengaruh yang signifikan. Hal ini terbukti dengan hasil perhitungan bahwa rhitung 0.793 > rtabel 0.349. Oleh sebab itu, H0 yang menyatakan tidak terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar (X) terhadap hasil belajar daring (Y) ditolak dan Ha yang menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar (X) terhadap hasil belajar daring (Y) diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar daring masa pandemi Covid 19 pada mata pelajaran pendidikan agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas VIII di SMP Negeri 3 Mengwi Tahun Ajaran 2021/2022.
Kata kunci : motivasi belajar, dan hasil belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: Tude
Date Deposited: 26 Aug 2024 02:57
Last Modified: 26 Aug 2024 02:57
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/311

Actions (login required)

View Item
View Item