STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA HINDU DALAM MEMBINA SIKAP SPIRITUAL DAN SOSIAL PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA (SLUA) SARASWATI 1 DENPASAR

NI MADE RAHAYU DWI MAHENDRAYANI, - (2021) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA HINDU DALAM MEMBINA SIKAP SPIRITUAL DAN SOSIAL PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA (SLUA) SARASWATI 1 DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
171101126_Ni Made Rahayu Dwi Mahendrayani.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Abstrak
Pembinaan sikap spiritual dan sosial merupakan pembinaan sikap berhubungan dengan siswa yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga mampu membentuk kepribadian yang mempunyai berakhlak mulia, dan bisa bertanggungjawab. Untuk itu maka peneliti melakukan penelitian pada strategi guru pendidikan Agama Hindu dalam membina sikap spiritual dan sosial pada masa pandemi Covid-19 di SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar.
Adapun masalah yang akan dibahas antara lain (1) Bagaimana Bentuk Strategi Guru Pendidikan Agama Hindu Dalam Membina Sikap Spiritual dan Sosial di SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar, (2) Apa Sajakah Kendala- Kendala yang Menyebabkan Guru Pendidikan Agama Hindu Dalam Membina Sikap Spiritual dan Sosial di SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar, (3) Bagaimana Dampak dari Strategi Guru Pendidikan Agama Hindu dalam Membina Sikap Spiritual dan Sosial terhadap siswa di SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar.
Teori yang digunakan untuk mengalisis masalah ini: Teori Behavioristik, Teori Humanisitik, dan Teori Motivasi. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi Guru Pendidikan Agama Hindu dalam membina sikap spiritual dan sosial dengan pemberian Strategi Pembinaan, Metode Pembiasaan, Keteladanan Guru, Dharma Wacana, dan Dharma Tula. (2) Kendala-kendala yang menyebabkan guru pendidikan Agama Hindu dalam membina sikap spiritual dan sosial yaitu Faktor Internal dan Faktor Eksternal. (3) Dampak dari strategi guru pendidikan Agama Hindu dalam membina sikap spiritual dan sosial di SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar meliputi kemampuan positif terhadap siswa oleh guru pendidikan Agama Hindu.
Kata Kunci: Strategi Guru, Pendidikan Agama Hindu, Sikap Spiritual dan Sosial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: Tude
Date Deposited: 26 Aug 2024 03:09
Last Modified: 26 Aug 2024 03:09
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/313

Actions (login required)

View Item
View Item