PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI PASRAMAN GURUKULA BANGLI

NI KADEK SETIAWATI, - (2021) PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI PASRAMAN GURUKULA BANGLI. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
171101128_Ni Kadek Setiawati.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Abstrak
Perkembangan Ilmu pengetahuan yang sangat pesat menjadi salah satu
faktor yang menentukan tingkat perkembangan terhadap siswa. Hal tersebut
pemicu merosotnya pendidikan karakter sehingga menyebabkan perilaku yang
menyimpang seperti, kurang hormat tehadap orang tua ataupun guru. Sehingga
ada beberapa masalah yang mendorong pendidikan karakter menjadi peran utama
dalam proses meningkatkan etika ataupun moral terhadap siswa. Berkaitan dengan
hal tersebut pendidikan karakter di Pasraman Gurukula dapat diwujudkan karena
siswa dan beberapa guru yang tinggal menetap dalam satu lingkungan serta
adanya kurukulum Pasraman dan peraturan yang telah ditetapkan oleh kepala
Pasraman seperti, tidak diijinkan membawa hadphone yang menjadi salah satu
faktor pendukung untuk mencapai dan meningkatkan pendidikan karakter siswa di
Pasraman Gurukula.
Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1)
Nilai-nilai pendidikan karakter apa saja yang dikembangkan di Pasraman
Gurukula Bangli ? 2) Bagaimana srategi penguatan pendidikan karakter di
Pasraman Gurukula Bangli ? 3) Bagaimana implikasi penguatan pendidikan
karakter di Pasraman Gurukula Bangli ?. penelitian ini menggunakan teori nilai
dan teori behavioristik dengan menggunakan metode observasi, wawancara,
kepustakaan dan dokumen. Data yang dikumpulkan kemudian diolah dengan
menggunakan teknik deskriptif kualitatif.
Dari hasil pengolahan data peneliti menemukan: 1) nilai-nilai yang
dikembangkan di Pasraman Gurukula Bangli adalah nilai agama (spiritual), nilai
peduli sosial, nilai peduli lingkungan, nilai disiplin, dan nilai tanggungjawab. 2)
Strategi yang digunakan dalam menguatkan penidikan karakter siswa di Pasraman
Gurukula adalan strategi pembelajaran kontekstual, strategi pembelajaran afektif
selain itu juga terdapat metode-metode yang digunakan dalam penguatan
pendidikan karakter yaitu sad dharma : dharma wecana, dharma tula, dharma
gita, dharma santi, dharma sedhana, dan dharma yatra. Penguatan pendidikan
karakter dari keluarga, sekolah dan masyarakat. 3) Implikasi penguatan
pendidikan karakter terhadap siswa di pasraman gurukula bangli yaitu : Implikasi
Kualitas siswa pada asfek kognitif. Implikasi kualitas siswa pada asfek afektif, dan
implikasi kualitas siswa pada asfek psikomotor.
Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Pasraman Gurukula

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: Tude
Date Deposited: 26 Aug 2024 03:14
Last Modified: 26 Aug 2024 03:14
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/314

Actions (login required)

View Item
View Item