PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DIMASA PANDEMI COVID 19 (STUDI KASUS DI SD NEGERI 3 BATURINGGIT KECAMATAN KUBU KABUPATEN KARANGASEM)

I WAYAN AGUS YOGA SASTRAWAN, - (2021) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DIMASA PANDEMI COVID 19 (STUDI KASUS DI SD NEGERI 3 BATURINGGIT KECAMATAN KUBU KABUPATEN KARANGASEM). Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
171101130_I Wayan Agus Yoga Sastra.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Abstrak
Pandemi covid 19 membawa pengaruh yang sangat besar pada pendidikan
di Indonesia, salah satunya yakni pada proses Pembelajaran Pendidikan Agama
Hindu. Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu Dimasa Pandemi Covid 19 (Studi
Kasus Di SD Negeri 3 Baturinggit Kecamatan Kubu Kabupaten Karangasem)
mengenai pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama hindu terdapat kendala-
kendala yang dihadapi dan upaya-upaya yang dilakukan guru untuk mencapai
keberhasilan dalam melaksanakan pembelajaran dengan baik. Dalam penelitian ini
mengangkat beberapa rumusan masalah yakni: 1) bagaimanakah pelaksanaan
pembelajaran pendidikan agama Hindu dimasa pandemi covid 19 di SD Negeri 3
Baturinggit Kecamatan Kubu Kabupaten Karangasem? 2) kendala-kendala apa saja
yang dihadapi guru pada masa pandemi covid 19 di SD Negeri 3 Baturinggit
Kecamatan Kubu Kabupaten Karangasem?. 3) upaya-upaya apa saja yang
dilakukan guru pada masa pandemi covid 19 di SD Negeri 3 Baturinggit Kecamatan
Kubu Kabupaten Karangasem? Teori yang digunakan yakni teori behaviorisme,
teori tindakan. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
observasi,wawancara & studi dokumentasi Teknik penentuan informan purposive
sampling, teknik wawancara terstruktur, teknik analisis data dengan reduksi data,
penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah: (1) pelaksanaan pembelajaran Pendidikan
Agama Hindu SD Negeri 3 Baturinggit dilakukan secara daring dan luring. (2)
kendala pembelajaran secara daring meliputi: akses internet tidak memadai
(jaringan buruk), tidak semua siswa memiliki media pembelajaran yang lengkap
(tidak ada Hp, Laptop), tidak ada jaminan kouta internet untuk peserta didik
Maupun Tenaga Pengajar, kurangnya pemahaman peserta didik dengan
pembelajaran daring. Kendala pembelajaran luring: jam pelajaran dibatasi, guru
meringkas materi yang padat dan tidak ada pelatihan pelaksanaan pembelajaran
daring yang tepat di masa pandemi Covid 19. (3) upaya-upaya guru SD Negeri 3
Baturinggit meliputi mengunakan aplikasi penunjang belajar (grup whatsap).
Kata kunci : Pembelajaran, Pendidikan Agama Hindu, SD Negeri 3 Baturinggit

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: Tude
Date Deposited: 26 Aug 2024 03:26
Last Modified: 26 Aug 2024 03:26
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/316

Actions (login required)

View Item
View Item