IMPLEMENTASI AJARAN TRI KAYA PARISUDHA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI DI SMP DHARMA PRAJA

I PUTU CAHYA MULYA PUTRA WIRATAMA, - (2021) IMPLEMENTASI AJARAN TRI KAYA PARISUDHA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI DI SMP DHARMA PRAJA. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
171101141_I Putu Cahya Mulya Putra Wiratama.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Abstrak
Pendidikan adalah salah satu aspek yang sangat penting dalam kehidupan
pendidikan sebagai usaha manusia untuk membina kepribadiannya sesuai dengan nilai-
nilai yang ada pada masyarakat dan kebudayaannya guna meningkatkan kualitas diri
serta mampu mengembangkan potensi yang ada dalam diri. Sebagai acuan bagi calon
guru untuk meneliti langsung dalam situasi nyata, baik dalam kegiatan mengajar
maupun tugas-tugas keguruan lainnya sesuai dengan tuntutan standar pendidikan
nasional/lembaga.dan membentuk anak yang suputra (baik dan bijak), sadha (taat
beragama/beriman), dan gunawan (cerdas dan terampil) sesuai dengan ajaran Tri Kaya
Parisudha. Adapun masalah yang akan dibahas antara lain: (1) Bagaimana
pembelajaran Agama Hindu dan Budi Pekerti di SMP Dharma Praja, (2) Bagaimana
kendala implementasi ajaran Tri Kaya Parisudha dalam pembelajaran pendidikan
Agama Hindu dan Budi Pekerti di SMP Dharma Praja, (3 )Bagaimana upaya yang
dilakukan dalam menghadapi kendala implementasi ajaran Tri Kaya Parisudha dalam
pembelajaran pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di SMP Dharma Praja.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mengetahui bagaimana
pembelajaran Agama Hindu dan Budi Pekerti di SMP Dharma Praja, (2) Mengetahui
bagaimana kendala implementasi ajaran Tri Kaya Parisudha dalam pembelajaran
pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di SMP Dharma Praja, (3) Mengetahui
bagaimana upaya yang dilakukan dalam menghadapi kendala implementasi ajaran Tri
Kaya Parisudha dalam pembelajaran pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di
SMP Dharma Praja. Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah adalah : Teori
Konstruktivistik dari Carin , Teori Behavioristik dari Gagne dan Berlenier , Teori Nilai
dari Notonegoro .Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Dharma Praja.Teknik
pengumpulan data adalah Observasi, Wawancara, Dokumentasi dan Studi
Kepustakaan. Data yang telah terkumpul di analisis dengan metode analisis Deskriptif
Kualitatif dengan langkah-langkah reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran Tri Kaya Parisudha
dan Budi Pekerti di SMP Dharma Praja dibagi menjadi tiga yaitu: Perencanaan,
Pelaksanaan dan Evaluasi (2) Kendala Pembelajaran Tri Kaya Parisudha dan Budi
Pekerti di SMP Dharma Praja dibagi menjadi tiga yaitu: Kendala lingkungan, Kendala
dari pihak guru dan Kendala dari pihak siswa,(3) Upaya dalam menghadapi kendala
Pembelajaran Tri Kaya Parisudha dan Budi Pekerti di SMP Dharma Praja dibagi menjadi tiga yaitu: Memberikan keringanan dalam pembelajaran, Mencegah timbulnya
tingkat frustasi, menanamkan ajaran Tri Kaya Parisudha.
Kata Kunci : Implementasi, Tri Kaya Parisudha, Pendidikan Agama Hindu, Budi Pekerti.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: Tude
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:03
Last Modified: 26 Aug 2024 07:03
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/324

Actions (login required)

View Item
View Item