STRATEGI GURU AGAMA HINDU DALAM PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS VII SMP NEGERI 2 SUSUT BANGLI

NI LUH PUTU NESA SEKARINI, - (2021) STRATEGI GURU AGAMA HINDU DALAM PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS VII SMP NEGERI 2 SUSUT BANGLI. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
171101145_Ni Luh Putu Nesa Sekarini.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Abstrak
Dunia saat ini sedang gempar akan wabah virus Covid-19. Virus Covid-19
telah banyak membawa dampak baik maupun buruk bagi semua mahkluk hidup dan
alam semesta. Segala daya dan upaya telah dilakukan oleh pemerintah guna memutus
rantai penularan Covid-19, tak terpungkiri salah satunya adalah kebijakan belajar
online, atau dalam jaringan (daring) untuk seluruh siswa hingga mahasiswa guna
menghindari terjadinya kerumunan. Di masa pandemi ini, pembelajaran jarak jauh
(distance learning) menjadi pilihan utama karena semua mata pelajaran disampaikan
pada siswa dengan menggunakan bantuan teknologi.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah proses
pembelajaran Pendidikan Agama Hindu di Kelas VII SMP Negeri 2 Susut Bangli.
(2) Bagaimanakah Strategi Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu di
Kelas VII SMP Negeri 2 Susut Bangli. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menggali
dan mengkaji lebih mendalam tentang “Strategi Guru Agama Hindu dalam
Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas VII SMP Negeri 2 Susut
Bangli”. (2) Untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran Pendidikan Agama
Hindu di Kelas VII SMP Negeri 2 Susut Bangli. (3) Untuk mengetahui strategi guru
dalam pembelajaran Pendidikan Agama Hindu di Kelas VII SMP Negeri 2 Susut
Bangli. Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah (1) Teori Konstruktivisme
(2) Teori Behaviorisme, Metode pengumpulan data adalah observasi, interview, studi
kepustakaan, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan metode
analisis deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah reduksi, penyajian data dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan (1) Proses pembelajaran pendidikan Agama
Hindu di SMP Negeri 2 Susut Bangli dilaksanakan setiap hari senin sampai sabtu,
pukul 07.30-12.00 Wita, dimana alokasi waktu pembelajaran agama Hindu dapat
dilaksanakan selama 1 jam saja. Proses pembelajaran pendidikan Agama Hindu di
Kelas VII SMP Negeri 2 Susut Bangli meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan yang
terakhir yakni penilaian hasil dari peserta didik tersebut. (2) Menumbuhkembangkan
karakter disiplin di SMP Negeri 2 Susut Bangli dibutuhkan strategi yang tepat dalam
proses pembelajaran Agama Hindu. Adapun strategi yang digunakan yaitu Strategi
Exposition Learning, dimana guru berfungsi sebagai penyampaian informasi, dan
Strategi Kooperatif Tipe Group Isvestigation, menempatkan pembelajaran bersama
kelompok dimana dalam satu kelompok akan ada seorang atau beberapa orang yang
berperan sebagai guru dan guru berperan bagai mediator.
Kata kunci : Strategi, Pembelajaran, dan Keefektifan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: Tude
Date Deposited: 27 Aug 2024 01:50
Last Modified: 27 Aug 2024 01:50
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/328

Actions (login required)

View Item
View Item