PERANAN GURU AGAMA HINDU DALAM IMPLEMENTASI AJARAN CATUR PARAMITA TERHADAP PENUMBUHKEMBANGAN KARAKTER SISWA DI SD NEGERI 5 BATUBULAN KECAMATAN SUKAWATI KABUPATEN GIANYAR

NI WAYAN ARIANTINI, - (2021) PERANAN GURU AGAMA HINDU DALAM IMPLEMENTASI AJARAN CATUR PARAMITA TERHADAP PENUMBUHKEMBANGAN KARAKTER SISWA DI SD NEGERI 5 BATUBULAN KECAMATAN SUKAWATI KABUPATEN GIANYAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
171101148_Ni Wayan Ariantini.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Abstrak
Ajaran Catur Paramita sangat mulia diimplementasikan menjadi pedoman yang kuat dalam menumbuhkembangkan karakter, agar siswa dapat membedakan perbuatan yang baik dan buruk, kontribusi ajaran ini pun sangat dibutuhkan terutama dalam aspek menstabilkan sifat emosional siswa dengan lebih mengedepankan sikap pengendalian diri.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peranan guru agama Hindu dalam pengimplementasikan ajaran Catur Paramita? (2) Kendala apa yang dihadapi oleh guru agama Hindu dalam mengimplementasikan ajaran Catur Paramita? (3) Upaya apa yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam implementasi ajaran Catur Paramita? Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan mengeksplor tentang peranan guru agama Hindu dalam pendidikan karakter dan mentraspormasi pendidikan agama Hindu melalui ajaran Catur Paramita di Sekolah Dasar dalam menumbuhkembangkan karakter siswa, agar memperoleh generasi penerus bangsa yang bermoral, beraklak mulia dan berbudi pekerti yang luhur.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori peran, menurut Biddle dan Thomas serta teori Behaviorisme menurut Gagne dan Berliner Teknik penentuan informan yang peneliti gunakan adalah teknik purposive sampling (teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah hasil observasi partisipasi pasif, wawancara terstruktur, studi dokumentasi dan studi pustaka.
Berdasarkan observasi dan hasil wawancara bersama informan, hasil penelitian menunjukkan peranan guru agama Hindu dalam pengimplementasikan ajaran Catur Paramita terhadap penumbuhkembangan karakter siswa di SD Negeri 5 Batubulan Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar adalah (1) transformer dalam implementasi ajaran Catur Paramita yang memberikan pemahaman tentang ajaran Maitri, Karuna, Mudita, dan Upeksa, (2) modeling dalam implementasi ajarana Catur Paramita, (3) pengawas dalam implementasi ajaran Catur Paramita dan (4) evaluator dalam implementasi ajaran Catur Paramita. Kendala yang dihadapi oleh guru agama Hindu dalam mengimplementasikan ajaran Catur Paramita terhadap penumbuhkembangan karakter siswa di SD Negeri 5 Batubulan Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar berasal dari (1) kendala internal yaitu faktor bawaan, faktor emosional, dan faktor minat. (2) Kendala eksternal yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat, dan media massa. Upaya-upaya yang dilakukan oleh guru agama Hindu untuk mengatasi kendala dalam mengimplementasikan ajaran Catur Paramita terhadap penumbuhkembangan karakter siswa di SD Negeri 5 Batubulan Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar adalah (1) Memberi pemahaman tentang ajaran Catur Paramita, (2) Optimalisasi aktivitas ajaran Catur Paramita dan (3) Menjalin Komunikasi yang Harmonis dengan orang tua dan siswa.
Kata kunci : Peranan, Guru Agama Hindu, Ajaran Catur Paramita, Karakter Siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: Tude
Date Deposited: 27 Aug 2024 02:02
Last Modified: 27 Aug 2024 02:02
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/330

Actions (login required)

View Item
View Item