IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI DALAM MEMBINA PRILAKU SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SESANDAN

I GUSTI NGURAH KADE EDO ARIZONA, - (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI DALAM MEMBINA PRILAKU SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SESANDAN. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
171101150_I Gusti Ngurah Kade Edo Arizona.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak
Pengembangan perilaku positif dipandang sangat penting dalam tahappembelajaran. Perilaku yang dimaksudkan dalam penelitian ini ialah perilaku sopan,santun, ramah, mandiri dan religius. Perilaku tersebut dikembangkan melalui
pelaksanaan pendidikan Agama Hindu, sehingga terlihat jelas bahwa pendidikan Agama Hindu mendapatkan beban yang berlebih. Pembelajaran pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti dapat dipahami
menjadi 3 bagian yaitu a) kurikulum, b) strategi pembelajaran, a). Kurikulum yang
digunakan dalam pembelajaran pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti ialah
kurikulum 2013, yang kemudian di sarikan kembali kedalam bentuk silabus dan RPP.
Silabus dan RPP disusun secara mandiri oleh tenaga pendidik yang telah tergabung
dalam kelompok kerja guru (KKG). b). Strategi pembelajaran yang digunakan dalam
pembelajaran pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti ialah strategi kooperatif,
yang kemudian di aplikasikan ke dalam strategi ceramah, dharma tula.
Penelitian ini menggunakan teori konstruktivisme, teori behavioristik. Subjek
dari penelitiani ini ialah pelaksanaan pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di
SDN 1 Sesandan. Penelitian ini memiliki relevansi dalam bidang pendidikan Agama
Hindu dan Budi Pekerti. Penggalian data dilakukan dengan menggunakan strategi
observasi, wawancara, dan studi pustaka. Kedua teori tersebut digunakan untuk
menjelaskan masing-masing pertanyaan penelitian yang ada. Kemudian data tersebut
disajikan dalam bentuk deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil temuan yang ada dapat dipahami bahwa pendidikan Agama
Hindu dan Budi Pekerti di SDN 1 Sesandan mengimplementasikan strategi dharma
Tula (diskusi), dharma wacana (ceramah). Implementasi strategi tersebut terkendala
oleh minimnya sarana dan prasarna serta kenakalan peserta didik yang masih tinggi.
Dalam mengatasi kendala tersebut biasanya tenaga pendidik melakukan tindakan
efisiensi waktu belajar dan juga memanfaatkan fasilitas yang ada secara maksimal
Kata kunci : Implementasi, Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti, Prilaku Siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: Tude
Date Deposited: 27 Aug 2024 02:08
Last Modified: 27 Aug 2024 02:08
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/331

Actions (login required)

View Item
View Item