STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN AGAMA HINDU BERBASIS DARING DI SMP NEGERI 12 DENPASAR

NI PUTU DWINDA HARI PURNANINGRUM, - (2021) STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN AGAMA HINDU BERBASIS DARING DI SMP NEGERI 12 DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
171101155_Ni Putu Dwinda Hari Purnaningrum.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Abstrak
Pada era globalisasi saat ini pendidikan merupakan salah satu sektor yang
sangat penting dalam kehidupan dan dianggap sebagai suatu kebutuhan setiap
individu, sebab dengan pendidikan semua dapat belajar, mempelajari pengetahuan
serta dapat merubah perilaku seseorang. Namun dengan adanya wabah Covid-19,
yang memberikan dampak pada segala bidang termasuk pada bidang pendidikan,
termasuk pelaksanaan Pendidikan Agama Hindu di SMP Negeri 12 Denpasar yang
sudah menerapkan pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19 ini. Dimana
dalam pelaksanaannya guru memiliki strategi pembelajaran sebagai jawaban atas
tantangan pendidikan di era Covid-19, yang menemui beberapa kesenjangan dan
kontradiksi mengenai hal ini.
Adapun masalah yang akan di bahas antara lain (1) Bagaimana
implementasi dari strategi pembelajaran Agama Hindu berbasis Daring di SMP
Negeri 12 Denpasar ? (2) Apa saja kendala dari pembelajaran Agama Hindu
berbasis Daring Di SMP Negeri 12 Denpasar ? (3) Bagaimana implikasi dalam
pembelajaran Agama Hindu Berbasis daring di SMP Negri 12 Denpasar?.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Implementasi pembelajaran Agama
Hindu berbasis daring di SMP Negeri 12 Denpasar, (2) Kendala dari pembelajaran
Agama Hindu berbasis daring di SMP Negri 12 Denpasar, (3) Implikasi dalam
pembelajaran Agama Hindu berbasis Daring Di SMP Negeri 12 Denpasar. Teori
yang digunakan untuk menganalisis masalah adalah teori Humanistik dari Budi
Ningsih, teori Kognitif dari Yulisinta dan teori Konstruktivistik dari Anggriamurti.
Subjek penelitian ini adalah Guru Agama Hindu dan Siswa di SMP Negeri 12
Denpasar, Metode pengumpulan data adalah Observasi, Wawancara, Kepustakaan
dan Dokumentasi. Data yang telah terkumpul di analisis dengan metode analisis
deskriktif kualitatif dengan langkah-langkah reduksi penyajian dan penarikan
simpulan.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Perencanaan pelaksanaan pembelajaran
guru Agama Hindu di SMP Negeri 12 Denpasar meliputi: Kurikulum pembelajaran,
Silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran. (2) Kendala dalam pelaksanaan
pembelajaran Agama Hindu. (3) Implikasi dalam pembelajaran Agama Hindu
berbasis Daring Di SMP Negeri 12 Denpasar.
Kata Kunci: Strategi Guru, Pembelajaran Daring

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: Tude
Date Deposited: 27 Aug 2024 02:21
Last Modified: 27 Aug 2024 02:21
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/334

Actions (login required)

View Item
View Item