STRATEGI GURU AGAMA HINDU DALAM MENANGGULANGI PATOLOGI SOSIAL PADA SISWA SMP NEGERI 1 ABANG

NI KETUT PUTRI LESTARI, - (2021) STRATEGI GURU AGAMA HINDU DALAM MENANGGULANGI PATOLOGI SOSIAL PADA SISWA SMP NEGERI 1 ABANG. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
171101159_Ni Ketut Putri Lestari.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Secara umum pendidikan sebagai salah satu aspek yang memiliki peranan
penting dalam membentuk generasi muda yang diharapkan dapat menghasilkan
manusia yang berkualitas. Tujuan pendidikan adalah menciptakan seseorang yang
berkualitas dan berkarakter, sehingga memiliki wawasan luas untuk mencapai
suatu cita-cita yang diharapkan dan mampu beradaptasi secara cepat dan tepat di
dalam berbagai lingkungan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Strategi Guru Agama Hindu
dalam Menanggulangi Patologi Sosial. Permasalahan yang diteliti dalam
penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah Strategi Guru Agama Hindu dalam
menanggulangi patologi sosial pada siswa SMP Negeri 1 Abang? (2)
Bagaimanakah Kendala-kendala yang dihadapi oleh guru agama Hindu dalam
menanggulangi patologi sosial pada siswa SMP Negeri 1 Abang? (3) Apakah
Upaya-upaya yang dilakukan oleh guru agama Hindu dalam menanggulangi patologi sosial pada siswa SMP Negeri 1 Abang? Teori yang peneliti gunakan pada penelitian ini adalah (1) Teori Sosiologis,(2) Teori Psikologis, dan (3) Teori Sub Culture atau pola budaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Abang. Subjek penelitian adalah guru agama Hindu dan siswa SMP Negeri 1 Abang, sedangkan objeknya adalah patologi sosial pada siswa SMP Negeri 1 Abang. Instrumen dalam penelitian ini adalah hasil wawancara yang dilakukan peneliti dengan informan.Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan mendeskripsikan hasil wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa patologi sosial yang sering ditemukan oleh guru Agama Hindu di SMP Negeri 1 Abang adalah siswa mengganggu teman yang sedang fokus melakukan sembahyang, siswa mengobrol saat menyanyikan lagu Indonesia Raya, siswa menjahili teman ketika melakukan kegiatan kerja bakti, dan siswa tetap mengendarai sepeda motor padahal sudah dilarang dan dicantumkan pada aturan sekolah. Strategi yang dilakukan untuk menanggulangi patologi sosial siswa SMP Negeri 1 Abang adalah Guru mendidik dengan pengembangan melalui ajaran Tri Kaya Parisudha dan Panca Niyama Brata, Guru mendidik dengan pembiasaan, dan Guru mendidik dengan keteladanan. Kendala-kendala yang dihadapi oleh guru agama Hindu dalam menanggulangi patologi sosial pada siswa SMP Negeri 1 Abang adalah kendala internal yang meliputi; faktor bawaan, faktor emosional, dan kendala eksternal yang meliputi; faktor lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat, dan media sosial. Upaya-upaya yang dilakukan dalam menanggulangi kendala yang dihadapai oleh guru agama Hindu pada siswa SMP Negeri 1 Abang adalah (1) untuk menghadapi faktor internal diterapkan sikap 3 S yaitu senyum, salam, sapa.(2) untuk menghadapi kendala eksternal dengan cara menjalin komunikasi yang harmonis antara orang tua dan siswa
Kata kunci : Strategi Guru Agama Hindu, Patologi Sosial, SMP Negeri 1 Abang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: Tude
Date Deposited: 27 Aug 2024 02:32
Last Modified: 27 Aug 2024 02:32
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/336

Actions (login required)

View Item
View Item