PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DI SD DWIJENDRA DENPASAR

NYM EGIG DIRGANTARA, - (2021) PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DI SD DWIJENDRA DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
171101164_Nym Egig Dirgantara.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Abstrak
Kehadiran teknologi modern tidak memberikan pilihan lain kepada dunia
pendidikan selain turut serta dalam memanfaatkannya, teknologi sangat berperan sebagai penggerak utama perubahan. Dengan demikian pendidikan harus relevan dengan perkembangan jaman agar tujuan dari pendidikan dapat tercapai secara maksimal seperti keadaan saat ini dimana dampak dari COVID-19 proses pembelajaran harus dilakukan via Online dengan menggunakan Video
Pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)
Bagaimana proses
pembelajaran dalam menggunakan video pembelajaran pada mata pelajaran Agama Hindu di sd dwijendra Denpasar (2) Faktor penghambat dalam pelaksanaan video pembelajaran serta (3) Dampak Positif dan Negatif dalam menggunakan video pembelajaran pada mata pelajaran Agama Hindu di SD Dwijendra Denpasar. Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah adalah : Teori Kognigtif dari Piaget, Teori Behavioristik dari Gage dan Berliner, teori konstuvisme dari Jean paiget. Subjek dari penelitian ini adalah Guru Mata Pelajaran Agama Hindu, Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi di lingkungan SD Dwijendra
Denpasar, Wawancara kepada Guru Mata Pelajaran Agama Hindu
dan Kepustakaan. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif dengan Langkah-langkah reduksi, penyajian data, dan
penarikan simpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Proses pembelajaran dalam menggunakan Video pemelajaran di SD Dwijendra Denpasar meliputi tiga tahap kegiatan yaitu Kegiatan Awal, Kegiatan Inti, dan kegiatan Akhir. (2) Faktor penghambat dalam pelaksanaan dalam video pembelajaran di SD Dwijendra Denpasar yaitu, Guru belum mahir dalam pembuatan video pembelajaran, Guru kesulitan mengatur waktu saat proses pembelajaran, dan Internet yang tidak stabil (3) Dampak Positif dan Negatif dalam menggunakan video pembelajaran pada mata pelajaran Agama Hindu di SD Dwijendra Denpasar adalah,dampak Positif : mengatasi problematika jarak antara Guru dan Murid dalam melakukan proses pembelajaran,dan meningkatkan kompetensi Guru dalam bidang TIK, dampak
Negatif : Guru kesulitan dalam mengkontrol peserta didik.
Kata Kunci: Video Pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: Tude
Date Deposited: 27 Aug 2024 03:07
Last Modified: 27 Aug 2024 03:07
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/338

Actions (login required)

View Item
View Item