WIDYATI, - (2021) PENGGUNAAN MELAJAH.ID SEBAGAI MEDIA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI SECARA DARING PADA KELAS VIII DI SMP DHARMA PRAJA DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
171101165_Widyati.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Abstrak
Penggunaan media belajar menggunakan teknologi dalam pembelajaran
diasumsikan dan diharapkan dapat menjadi solusi dalam mengatasi permasalahan
pembelajaran di kelas yang di sebabkan situasi pandemi Covid-19. Pembelajaran
berbasis teknologi dijadikan inovator agar pembelajaran lebih efektif dengan
demikian dalam pendidikan agama Hindu dan Budi Pekerti perlu adanya
penggunaan media belajar yang tepat dalam proses pembelajaran. Di SMP
Dharma Praja Denpasar akhirnya menggunakan media belajar berbasis internet
yaitu media melajah.id.
Adapun masalah yang akan di bahas dalam penelitian ini yaitu meliputi, (1)
Bagaimana penggunaan melajah.id sebagai media belajar dalam pembelajaran
pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti secara daring pada kelas VIII di SMP
Dharma Praja Denpasar, (2) Kendala apakah yang dihadapi dalam penggunaan
melajah.id sebagai media belajar dalam pembelajaran pendidikan Agama Hindu
dan Budi Pekerti secara daring pada kelas VIII di SMP Dharma Praja Denpasar,
(3) Upaya apa yang dilakukan dalam penggunaan melajah.id sebagai media
belajar dalam pembelajaran pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti secara
daring pada kelas VIII di SMP Dharma Praja Denpasar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penggunaan melajah.id,
kendala, serta mengetahui upaya yang dilakukan SMP Dharma Praja Denpasar.
Permasalahan penelitian ini dikaji dengan menggunakan teori konektivisme dan
teori konstruktivisme, dimana subjek penelitian merupakan guru pendidikan
Agama Hindu dan Budi Pekerti serta siswa Agama Hindu sebagai pengguna
media melajah.id. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data
observasi, wawancara, studi kepustakaan, dokumentasi. Data yang telah
terkumpul dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif melalui tiga jalur
kegiatan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukan bahwa (1)
Penggunaan melajah.id sudah cukup baik digunakan oleh pengajar dan siswa, (2)
Kendala yang dihadapi dalam penggunaan melajah.id terfokus pada kuota internet
dan system pengoprasianya, (3) upaya penggunaan melajah.id ada dua, yaitu
upaya guru dan siswa. Mengacu pada temuan-temuan tersebut dapat dipahami
bahwa proses pembelajaran pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di SMP
Dharma Praja Denpasar, kualitasnya sudah cukup baik didasari pada analisis
masalah dengan teori yang digunakan dalam penelitian ini.
Kata kunci : Melajah.id, Media belajar, Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu |
Depositing User: | Tude |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 03:12 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 03:12 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/339 |