PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI DI SMP DHARMA PRAJA DENPASAR

I WAYAN AGUS SANJAYA, - (2021) PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI DI SMP DHARMA PRAJA DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
171101171_I Wayan Agus Sanjaya.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Abstrak
Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan, dapat merangsang pikiran, perasaan, dan kemauan peserta didik sehingga mendorong terciptanya proses belajar mengajar. Kualitas pembelajaran pendidikan Agama Hindu dan budi pekerti tidak terlepas dari penggunaan media pembelajaran, media yang tepat dalam proses pembelajaran Agama Hindu dan budi pekerti di SMP Dharma Praja Denpasar akhirnya menggunakan media pembelajaran berbasis internet yaitu media google classroom.
Adapun masalah yang akan di bahas dalam penelitian ini yaitu meliputi, (1) penggunaan media google classroom dalam pembelajaran pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di SMP Dharma Praja Denpasar, (2) kendala yang dihadapi dalam penggunaan media google classroom dalam pembelajaran pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di SMP Dharma Praja Denpasar, (3) upaya penggunaan media google classroom dalam pembelajaran pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di SMP Dharma Praja Denpasar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penggunaan media google classroom, kendala, serta mengetahui upaya yang dilakukan SMP Dharma Praja Denpasar. Permasalahan penelitian ini dikaji dengan menggunakan teori behaviorisme dan teori motivasi, dimana subjek penelitian merupakan guru pendidikan Agama Hindu dan budi pekerti serta siswa Agama Hindu sebagai pengguna media google classroom. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, studi kepustakaan, dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif melalui tiga jalur kegiatan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukan bahwa (1) penggunaan media google classroom sudah cukup baik digunakan oleh pengajar, (2) kendala-kendala yang dihadapi dalam penggunaan media google classroom diantaranya guru, siswa, dan saran dan prasarana, (3) upaya penggunaan media google classroom ada tiga, yaitu upaya guru, siswa dan pihak sekolah. Mengacu pada temuan-temuan tersebut dapat dipahami bahwa proses pembelajaran pendidikan Agama Hindu dan budi pekerti di SMP Dharma Praja Denpasar kualitasnya sudah cukup baik didasari pada analisis masalah dengan teori yang digunakan dalam penelitian ini.
Kata kunci : Media google classroom, Pembelajaran pendidikan Agama Hindu

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: Tude
Date Deposited: 02 Sep 2024 02:35
Last Modified: 02 Sep 2024 02:35
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/342

Actions (login required)

View Item
View Item