INTEGRASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER KEDALAM PENERAPAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DI SD NEGERI 2 TONJA DENPASAR

NI PUTU AYU JULI UMSARI, - (2021) INTEGRASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER KEDALAM PENERAPAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DI SD NEGERI 2 TONJA DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
171101177_Ni Putu Ayu Juli Umsari.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak
Pendidikan karakter adalah upaya untuk mewujudkan generasi bangsa yang cerdas, baik, berbudi pekerti yang luhur, memiliki akhlak yang mulia serta memiliki pribadi yang menjunjung tinggi nilai-nilai bangsa Indonesia. Keberhasilan suatu pendidikan karakter tidak dilihat dari kemampuannya saja tetapi bagaimana keseimbangan antara pengetahuan, emosi, sikap, dan tingkah laku yang dapat mewujudkan manusia yang seutuhnya. Sekolah memiliki tanggung jawab yang besar dalam membentuk karakter siswa, yang secara langsung melibatkan seluruh komponen sekolah baik kurikulum, proses pembelajaran, dan materi yang akan diajarkan.
Adapun masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini antara lain (1) Apakah pendidikan karakter dan pendidikan agama nilai-nilainya dapat disatukan (2) Hambatan dan upaya yang dihadapi oleh guru agama Hindu di dalam mengintegrasikan pendidikan karakter dan agama di SD Negeri 2 Tonja Denpasar (3) Apakah dampak dari mengintegrasikan pendidikan karakter kedalam pendidikan agama di SD Negeri 2 Tonja Denpasar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan karakter dan agama nilainya dapat disatukan, hambatan dan upaya yang dihadapi oleh guru agama Hindu, dampak dari mengintegrasikan pendidikan karakter kedalam pendidikan agama di SD Negeri 2 Tonja Denpasar. Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah dalam penelitian ini adalah teori nilai, teori struktural fungsional, dan teori. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi dokumen. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) dalam mengintegrasikan nilai pendidikan karakter di SD Negeri 2 Tonja Denpasar dipengaruhi faktor baik dari faktor internal maupun faktor eksternal, (2) hambatan yang dihadapi guru agama Hindu ketika mengintegrasikan nilai pendidikan karakter yaitu kurangnya buku pendidikan karakter, kemampuan guru dalam bercerita membuat siswa menjadi bosan mendengarkannya, pergaulan siswa dipengaruhi faktor keluarga dan faktor lingkungan, dalam upaya diperlukan peranan pembelajaran agama Hindu berisikan nasihat, norma kesusilaan dan nilai pengorbanan yang perlu dilaksanakan dalam kehidupan bermasyarakat. (3) dampak dari mengintegrasikan pendidikan karakter siswa menjadikan pribadi yang lebih sopan, emosi siswa lebih stabil, membentuk pribadi anak peduli terhadap lingkungan sekitar, rasa percaya diri pada siswa lebih meningkat, membangun jiwa yang memiliki rasa tanggung jawab, dan tentunya membangun jiwa anak menjadi religius.
Kata kunci: integrasi, nilai pendidikan karakter

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: Tude
Date Deposited: 02 Sep 2024 02:45
Last Modified: 02 Sep 2024 02:45
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/344

Actions (login required)

View Item
View Item