IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA PELAJARAN AGAMA HINDU KELAS VII DI SMP NEGERI 10 DENPASAR

AYU ANOM DIAN KUSUMA RANI, - (2021) IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA PELAJARAN AGAMA HINDU KELAS VII DI SMP NEGERI 10 DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
171101181_Ayu Anom Dian Kusuma Rani.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Abstrak
Pendidikan Agama Hindu merupakan pendidikan yang berfungsi untuk
membentuk manusia Indonesia yang memiliki sradha dan bhakti. Di masa saat ini
yang dilanda virus covid-19 mengakibatkan pembelajaran di sekolah berlangsung
secara daring. Proses pembelajaran daring di SMP 10 Denpasar
mengimplementasikan metode demonstrasi pada pelajaran agama Hindu yang
bertujuan untuk mendorong minat, semangat motivasi siswa dalam mengikuti
pembelajaran melalui daring. Masalah yang dibahas yaitu : (1). Bagaimanakah
implementasi metode demontrasi dimasa pandemi covid-19 pada pelajaran agama
Hindu kelas VII di SMP Negeri 10 Denpasar. (2) Apakah kendala-kendala yang
dihadapi pada pengimplementasian metode demonstrasi dimasa pandemi covid-19
pada pelajaran agama Hindu kelas VII di SMP N 10 Denpasar. (3) Bagaimanakah
upaya-upaya dalam mengatasi kendala-kendala pengimplementasian metode
demonstrasi dimasa pandemi covid-19 pada pelajaran agama Hindu kelas VII di
SMP N 10 Denpasar.
Teori yang digunakan adalah Teori Behavioristik dan. Teori Konstruktivistik.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi,
Teknik penentuan informan dengan menggunakan Purposive Sampling. Metode
Pengumpulan data yang dipergunakan adalah : observasi, wawancara, studi
kepustakaan dan studi dokumen. Teknik analisis data penelitian ini yaitu dengan
reduksi data, klasifikasi data, display data dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan pengimplementasian metode demonstrasi
melalui pembelajaran daring dapat membangun semangat belajar serta
pengetahuan siswa dengan memperagakan suatu materi pelajaran secara tidak
langsung. Dengan melalui tahapan sebagai berikut: (1) dimulai dari a) tahap
perencanaan, b) tahap pelaksanaan, c) tahap evaluasi. (2) Kendala-kendala yang
ditemukan yaitu : a) kuota dan akses internet yang kurang lancar, b) kurangnya
disiplin siswa, c) kurangnya minat beajar siswa. (3) Upaya-upaya yang dilakukan
yaitu : a) Bantuan kuota internet, b) Peraturan dan Tata Tertib Sekolah dalam
pembelajaran daring, c) Pemanfaatan media pembelajaran.
Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Pandemi Covid-19, Pembelajaran Agama Hindu

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: Tude
Date Deposited: 02 Sep 2024 02:49
Last Modified: 02 Sep 2024 02:49
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/345

Actions (login required)

View Item
View Item