IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN SISTEM DARING DALAM PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI DI SMA PGRI 4 DENPASAR PADA MASA PANDEMI COVID-19

NI GUSTI AYU KOMANG DAMAYANTI, - (2021) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN SISTEM DARING DALAM PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI DI SMA PGRI 4 DENPASAR PADA MASA PANDEMI COVID-19. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
171101184_Ni Gusti Ayu Komang Damayanti.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Abstrak
Metode pembelajaran sistem daring merupakan sistem pembelajaran yang
menggunakan bantuan media internet dalam pengaplikasiannya. SMA PGRI 4
Denpasar merupakan salah satu ranah pendidikan yang mengalami dampak dari
adanya covid-19. Letak sekolah yang startegis tidak memungkiri adanya kendala
dalam pelaksanaan belajar daring. Adapun masalah-masalah yang akan dibahas
antara lain (1) Bagaimanakah implementasi metode pembelajaran sistem daring
pada mata pelajaran pendidikan Agama Hindu di SMA PGRI 4 Denpasar pada
masa Pandemi covid-19, (2) Apa sajakah kendala yang dialami dalam
implementasi metode pembelajaran sistem daring pada mata pelajaran Agama
Hindu di SMA PGRI 4 Denpasar pada masa Pandemi covid-19, (3) Bagaimanakah
upaya-upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan dalam proses
implementasi metode pembelajaran sistem daring pada mata pelajaran Agama
Hindu di SMA PGRI 4 Denpasar pada masa Pandemi covid-19.
Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah adalah: teori belajar
kognitif dari Jean Piaget dan teori konstruktivisme dari Jean Piaget. Metode
pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari metode observasi partisipan,
metode wawancara tidak terstruktur dan mendalam dan studi kepustakaan. Data
yang telah terkumpul dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif
dengan langkah-langkah reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan (1) implementasi metode pembelajaran sistem
daring di SMA PGRI 4 Denpasar terselenggara dengan cukup baik, namun
terdapat beberapa kendala yang dijumpai. Implementasi pembelajaran daring
dibagi menjadi tiga tahap yakni tahap perencanaan, pelaksanaan dan tahap
evaluasi, (2) Kendala dalam pelaksanaan pembelajaran daring di alami oleh
peserta didik dan pendidik yang dibedakan menjadi 2 yakni kendala internal dan
kendala eksternal, (3) upaya yang dapat dilakukan dalam mengatasi kendala-
kendala dalam pembelajaran daring yakni, melakukan pengamatan, komunikasi,
pendekatan secara individual, bimbingan secara kesinambungan, memanfaatkan strategi belajar yang inovatif serta mengaplikasikan nilai moral Agama Hindu dan
Budi Pekerti, agar semangat belajar peserta didik bangkit kembali.
Kata kunci: Implementasi, Metode Pembelajaran, Pembelajaran Daring

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: Tude
Date Deposited: 02 Sep 2024 03:01
Last Modified: 02 Sep 2024 03:01
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/348

Actions (login required)

View Item
View Item