KAJIAN NILAI PENDIDIKAN AGAMA HINDU DALAM KIDUNG SRI TANJUNG

YUNDARI SAMSKARA GANAKIN, - (2021) KAJIAN NILAI PENDIDIKAN AGAMA HINDU DALAM KIDUNG SRI TANJUNG. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
171101187_Yundari Samskara Ganakin.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Abstrak
Pendidikan juga merupakan salah satu media pengembangan bakat untuk
memiliki keterampilan tertentu yang berguna bagi kehidupan. Ajaran agama Hindu
yang kaya akan pengetahuan pendidikan moral dan etika banyak ditemukan dalam
kesusastraan Hindu, salah satu kesusastraan klasik tersebut berupa puisi dalam bentuk
kidung. Kidung Sri Tanjung sebagai kidung bertema cinta memiliki kesamaan dan
keterkaitan dengan adanya pemaknaan dalam konsep nyomia (peruatan) pada diri.
Penelitian sastra tidak hanya sekedar bertugas ilmiah murni atau bersifat akademis,
tetapi juga harus mampu memberikan pencerahan bagi perkembangan, seleksi,
penyebarluasan sastra dan menjelaskan hal-hal yang terkait di dalamnya.
Adapun masalah yang akan dibahas antara lain: (1) mengenani struktur
Kidung Sri Tanjung, (2) nilai-nilai pendidikan agama Hindu yang terkandung dalam
Kidung Sri Tanjung, (3) relevansi ajaran agama Hindu dalam Kidung Sri Tanjung.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) struktur dari Kidung Sri Tanjung, (2)
untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan agama Hindu dalam Kidung Sri
Tanjung, (3) untuk menjelaskan relevansi ajaran agama Hindu dalam Kidung Sri
Tanjung.
Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah adalah teori struktural
(Teeuw) untuk membedah struktur dari Kidung Sri Tanjung. Teori nilai (R.B Ferry)
untuk mengkaji serta menemukan nilai-nilai tertentu yang terkandung dalam Kidung
Sri Tanjung. Teori hermeneutik (Hans Georg Gadamer) untuk memudahkan dalam
memahami teks agar naskah dapat dimengerti dan dimaknai. Teknik pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik batat (baca dan mencatat),
wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis
dengan metode analisis deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah reduksi,
penyajian data, penarikan kesimpulan dan penyajian hasil analisis data.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Struktur pada Kidung Sri Tanjung,
meliputi tema, penokohan dan perwatakan, insiden dan alur, amanat. (2) Nilai-nilai
pendidikan agama Hindu yang terkandung dalam Kidung Sri Tanjung meliputi nilai
pendidikan religius, nilai pendidikan etika, nilai pendidikan usada. (3) Relevansi
ajaran agama Hindu dalam Kidung Sri Tanjung meliputi ajaran tattwa, ajaran susila,
ajaran acara.
Kata Kunci: Nilai Pendidikan Agama Hindu, Kidung Sri Tanjung

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: Tude
Date Deposited: 02 Sep 2024 03:14
Last Modified: 02 Sep 2024 03:14
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/351

Actions (login required)

View Item
View Item