IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI AJARAN TRI HITA KARANA DI KELAS XI SMAS DHARMAPRAJA DENPASAR

KADEK DWI INDRIANA WATI, - (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI AJARAN TRI HITA KARANA DI KELAS XI SMAS DHARMAPRAJA DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
171101196_Kadek Dwi Indriana Wati.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak
Pendidikan karakter dapat diajarkan melalui ajaran Tri Hita Karana
karena merupakan pondasi awal dalam kontak sosial di lingkungan keluarga,
masyarakat dan sekolah. Adapun permasalahan antara lain; (1) Bagaimanakah
implementasi pendidikan karakter melalui ajaran Tri Hita Karana di kelas XI
SMAS Dharmapraja Denpasar ? (2) Kendala apa yang dihadapi dalam
implementasi pendidikan karakter melalui ajaran Tri Hita Karana di kelas XI
SMAS Dharmapraja Denpasar? (3) Bagaimanakah upaya dalam
mengimplementasikan pendidikan karakter melalui ajaran Tri Hita Karana di
kelas XI SMAS Dharmapraja Denpasar ?
Teori yang digunakan adalah: (1) Teori belajar Behavioristik yang
digunakan untuk mengkaji permasalahan yang pertama dan kedua, (2) Teori
pembelajaran konstruktivistik yang digunakan untuk mengkaji permasalahan yang
ketiga. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif, pengumpulan data
menggunakan metode observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan studi
dokumen. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan
langkah-langkah reduksi, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian (1) bahwa implementasi pendidikan karakter melalui
ajaran Tri Hita Karana melalui tahapan-tahapan yaitu perencanaan dengan
membuat RPP agar dalam pelaksanaan pembelajaran menjadi terstruktur dan
terarah. Pelaksanaan diawali dengan kegiatan awal pembelajaran mengucapkan
salam dan berdoa, kegiatan inti pembelajaran yaitu memaparkan materi Tri Hita
Karana dan mengimplementasikan pendidikan karakter melalui hubungan
manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan manusia, dan hubungan
manusia dengan lingkungan, dan diakhiri dengan kegiatan penutup pembelajaran.
Evaluasi yaitu suatu proses menentukan tingkat pencapaian tujuan pembelajaran
yyaitu menilai hasil tugas dan pencapain karakter siswa. (2) kendala dalam
implementasi pendidikan karakter melalui ajaran Tri Hita Karana yaitu
kurangnya kedisiplinan siswa dimana adda beberapa siswa yang tidak mengikuti
perintah dari guru dan kurangnya minat belajar siswa saat pembelajaran
berlangsung ada beberapa siswa yang cuek dan acuh terhadap pelajaran. (3) upaya
dalam mengimplementasikan pendidikan karakter melalui ajaran Tri Hita Karana
di kelas XI yaitu dengan perhatian orang tau siswa karena anak akan lebih merasa
diperhatikan dan akan mempunyai rasa tanggung jawab dan disiplin, pemanfaatan
media pembelajaran dapat menambah minat dan semangat belajar siswa
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Ajaran Tri Hita Karana

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: Tude
Date Deposited: 03 Sep 2024 06:54
Last Modified: 03 Sep 2024 06:54
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/357

Actions (login required)

View Item
View Item