PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PENERAPAN VARIASI METODE BELAJAR INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA PESERTA DIDIK KELAS V A SD NEGERI 3 SESETAN DENPASAR

KADEK DWI MAHAYANTI, - (2021) PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PENERAPAN VARIASI METODE BELAJAR INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA PESERTA DIDIK KELAS V A SD NEGERI 3 SESETAN DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
161103107_Kadek Dwi Mahayanti.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Sebuah proses pembelajaran, akan dapat memberikan hasil yang maksimal
jika seorang guru mempunyai kemampuan untuk memberikan motivasi belajar bagi
siswanya dan menggerakkan seluruh potensi yang ada di dalam kelas. Seiring
dengan kemajuan perkembangan teknologi, peran guru akan tetap diperlukan. Pada
kondisi dilapangan masih ada beberapa keterampilan yang belum nampak atau
terpenuhi, banyak guru yang hanya melakukan tugas sebatas menstranfer ilmu tanpa
tahu bagaimana cara mengemas pembelajaran menjadi menarik perhatian siswa,
sehingga banyak ditemui siswa yang kurang memiliki motivasi untuk giat belajar di
sekolah, hal itu ditenggarai karena proses pembelajaran yang terlalu monoton.
Dalam suatu proses pembelajaran siswa yang harus aktif. Aktivitas ini merupakan
prinsip yang sangat penting dalam interaksi pembelajaran sebab pada prinsipnya
belajar adalah berbuat untuk mengubah tingkah laku. Respon ini dapat berupa
pendapat, tindakan, atau bahkan dalam bentuk penolakan terhadap suatu
stimulus.Apalagi ditengah situasi dan kondisi proses pembelajaran online( daring)
seperti sekarang sangat diperlukan keterampilan guru dalam proses pembelajaran.
Selain itu, strategi guru juga memberikan pengaruh pada aktivitas belajar siswa.
Oleh karena itu diperlukan sesuatu penggunaan sumber belajar yang maksimal, dan
penggunaan metode yang bervariasi atau inovatif sehingga dapat membangkitkan
semangat belajar siswa. Dengan demikian guru dapat menggunakan variasi metode
belajar interaktif apa yang sesuai dengan situasi dan kondisi dan dari itu akan
muncul hasil persepsi siswa terhadap penerapan variasi metode belajar interaktif
pada pembelajaran tematik.
Dalam penelitian ini ada tiga rumusan masalah yang dapat dirumuskan untuk
membedah permasalahan diatas yaitu, (1) Bagaimana Strategi guru dalam
Menerapkan Variasi Metode Belajar Interaktif dalam Pembelajaran Tematik di
Sekolah Dasar Negeri 3 Sesetan?. (2) Hambatan dan tantangan apakah yang
dilakukan guru dalam mengidentifikasi Penerapan Variasi Metode Belajar Interaktif
dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Negeri 3 Sesetan?. (3).Bagaimana
Persepsi Siswa Terhadap Penerapan Variasi Metode Belajar Interaktif dalam
Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Negeri 3 Sesetan?. Dan untuk
menyelesaikan masalah dalam penelitian ini digunakan tiga teori yaitu (1).Teori
Behavioristik, (2) Teori Konvergensi, Penelitian ini juga menggunakan tiga metode dalam mengumpulkan data penelitian yaitu (1) Observasi (2) Wawancara dan (3)
Dokumentasi karena dengan metode-metode tersebut hasil penelitian akan menjadi
lebih real dan lengkap.
Kata Kunci: Strategi Guru, Variasi Metode Belajar, Persepsi Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar Hindu
Depositing User: Tude
Date Deposited: 21 Mar 2025 06:52
Last Modified: 21 Mar 2025 06:52
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/441

Actions (login required)

View Item
View Item