PROFIL PELAKSANAAN FULL DAY SCHOOL DI SD INSAN PRESTASI SCHOOL DENPASAR TAHUN AJARAN 2019/2020

NI PUTU WANDA FITRIYANTHI, - (2021) PROFIL PELAKSANAAN FULL DAY SCHOOL DI SD INSAN PRESTASI SCHOOL DENPASAR TAHUN AJARAN 2019/2020. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
161103127_Ni Putu Wanda Fitriyanthi.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Full Day School menjadi strategi perbaikan pendidikan di SD Insan
Prestasi School, namun banyak menuai kontraversi. Penelitian ini menganalisis
profil pelaksanaan Full Day School sebagai salah satu sistem pendidikan baru
yang diterapkan di SD Insan Prestasi School. Profil pelaksanana Full Day School
dalam penelitian ini, di fokuskan pada analisis terhadap (1) bentuk pelaksanaan
Full Day School di SD Insan Prestasi School, (2) peran guru dan orang tua
terhadap pelaksanana Full Day School di SD Insan Prestasi Scool, dan (3) respon
guru dan orang tua terhadap pelaksanana Full Day School di SD Insan Prestasi
School. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik observasi,
wawancara, dokumentasi, dan menggunakan teori konstruktivisme serta teori
behaviorisme.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) pelaksanaan Full Day
School di SD Insan Prestasi School dilakukan secara terstruktur melalui tiga
tahapan utama yakni: Tahap awal diisi dengan kegiatan percencanaan oleh
pendidik, yang meliputi perencanaan bahan ajar, media ajar, dan persiapan
administasi pendidikan. Tahap inti diisi dengan kegiata mempersiapkan siswa
sebelum masuk kelas, mengintruksikan siswa berdoa dan menyanyi, dan
memberikan pelajaran sesuai dengan jadwal pelajaran. Tahap akhir, diisi dengan
kegiatan administrasi seperti absensi serta penutup pelajaran yang dilakukan oleh
guru. (2) Guru dan orang tua memiliki peran tersendiri dalam pelaksanana Full
Day School di SD Insan Prestasi School. Peran guru lebih merujuk pada peran
mendasar dari guru yakni, guru sebagai pendidik, guru sebagai pengajar, serta
guru sebagai pelatih dan pembimbing. Peran orang tua dalam pelaksanana Full
Day School di SD Insan Prestasi School meliputi orang tua sebagai pengawas, dan
orang tua sebagai agen yang memotivasi belajar siswa. (3) Resopon guru dan
orang tua terhadap pelaksanana Full Day School di SD Insan Prestasi School,
terdiri dari respon positif dan respon negatif. Respon positif guru ditunjukkan
dengan adanya pandangan positif guru yang menyatakan bahwa, sistem Full Day
school adalah salah sistem pendidikan yang dapat memberikan efektifitas waktu
bagi guru dalam mengawasi perkembangan akademik dan prestasi siswa. Respin
negatif guru adalah adanya pandangan bahwa, sistem Full Day School menjadikan
siswa jenuh dan menuntut guru banyak memiliki media dan metoda ajar. Respon
positif orang tua ditunjukkan dengan pandangan bahwa, sistem ini memberikan
efektifitas waktu kerja orang tua. Respon negatif orang tua adalah anak yang
diberi pekerjaan rumah dalam sistem ini, cukup memberatkan.
Kata kunci : Profil, Full Day School, SD Insan Prestasi School

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar Hindu
Depositing User: Tude
Date Deposited: 21 Mar 2025 07:00
Last Modified: 21 Mar 2025 07:00
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/443

Actions (login required)

View Item
View Item