IMPLEMENTASI CERITA TANTRI DALAM PEMBENTUKAN BUDI PEKERTI SISWA SD NEGERI 1 PETAK KAJA DESA PETAK KECAMATAN GIANYAR KABUPATEN GIANYAR

I MADE DESI RIANA, - (2021) IMPLEMENTASI CERITA TANTRI DALAM PEMBENTUKAN BUDI PEKERTI SISWA SD NEGERI 1 PETAK KAJA DESA PETAK KECAMATAN GIANYAR KABUPATEN GIANYAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
161103129_I Made Desi Riana.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (36MB)

Abstract

Cerita tantri adalah salah satu cerita yang telah diperkenalkan kepada siswa sejak
tingkat dasar (SD) sampai ke jenjang yang lebih tinggi (SMA). Cerita tantri memberikan
kontribusiyang sangat besar, mulai dari yang abstrak sampai yang kongkrit untuk pemecahan
masalah dalam pembentukan budi pekerti dan karakter siswa. Penelitian ini akan
membahastiga pokok, yaitu: (1) Bagaimana implementasi cerita tantri dalam pembentukan
budi pekerti siswa kelas II SD Negeri 1 Petak Kaja? (2) Apa saja kendala-kendala dalam
implementasi cerita tantri dalam pembentukan budi pekerti siswa kelas II SD Negeri 1 Petak
Kaja? (3) Apa dampak cerita tantri dalam pembentukan budi pekerti siswa kelas II SD Negeri
1 Petak Kaja?. Masalah penelitian tersebut akan di jawab melalui tiga teori penelitian yaitu
teori behavioristik, teori motivasi dan teori sastra. Data penelitian akan dikumpulkan dengan
teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data dan verification.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bentuk implementasi (penerapan) cerita tantri
dalam pembentukan budi pekerti siswa kelas II di SD Negeri 1 Petak Kaja, dilakukan selama
empat kali pertemuan, Adapun proses implementasi cerita tantri dalam pembentukan budi
pekerti siswa kelas II SD Negeri 1 Petak Kaja yaitu dapat dibedakan menjadi tiga yaitu, proses
perencanaan, proses pelaksanaan, dan proses penilaian. Adapun kendala yang dihadapi dalam
implementasi cerita tantri tersebut yaitu banyak kendala baik bagi guru maupun siswa karena
wabah Covid-19 siswa diarahkan untuk belajar dari rumah (daring). Sedangkan dampak
implementasi cerita tantri tersebut bagi siswa yaitu dapat membantu pembentukan budi pekerti
dan karakter pada siswa
Kata Kunci: Cerita Tantri, Budi Pekerti

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Sastra Agama & Pendidikan Bahasa Bali
Depositing User: Tude
Date Deposited: 21 Mar 2025 07:06
Last Modified: 21 Mar 2025 07:06
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/444

Actions (login required)

View Item
View Item