NI KOMANG DAMAYANTI DEVI DASI, - (2021) PENGARUH PROGRAM FULL DAY SCHOOL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KELAS IV SD SUTA DHARMA UBUD KECAMATAN UBUD KABUPATEN GIANYAR TAHUN AJARAN 2019/2020. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of SKRIPSI]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
161103134_Ni Komang Damayanti Devi Dasi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Full day school merupakan salah satu program yang diterapkan oleh pemerintah
untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.
Diterapkannya program full day school bukan semata-mata supaya waktu siswa
disekolah lebih lama, akan tetapi di padu dan diisi dengan berbagai program
kegiatan yang telah terencana dan tidak terencana guna dapat meningkatkan bakat
dan prestasi belajar siswa dibidang akademik dan non akademik. Dengan program
ini siswa akan lebih mudah diawasi oleh guru-guru di sekolah. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh program full day school terhadap prestasi
belajar siswa kelas IV SD Suta Dharma Ubud Tahun Ajaran 2019/2020. Metode
penelitian adalah kuantitatif asosiatif. Teknik pengumpulan sampel dilakukan
secara random, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis
data bersifat kuantitatif dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah
ditetapkan oleh sugiyono (2014), sampel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah 29 siswa. Hasil analisis yang dilakukan di dapatkan bahwa nilai r hitung
0,419 dan diperoleh koefisien determinasi (r square) sebesar 0,204 dengan N: 29.
Dari hasil dari uji ini mengandung pengertian bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah, berdasarkan hasil penelitian dan
analisis data statistic, maka diperoleh simpulan nilai r hitung adalah 0,419 pada N
= 29 diketahui r table bernilai 0,204 sehingga r hitung > r table maka dapat
disimpulkan bahwa pengaruh full day school terhadap prestasi belajar siswa
bersifat kuat atau memiliki kolerasi signifikan. Ini menunjukkan bahwa ada
pengaruh yang positif dan signifikan antara full day school dan prestasi belajar
siswa kelas IV SD Suta Dharma Ubud Kecamatan Ubud Kabupaten Gianyar
Tahun Ajaran 2019/2020.
Kata Kunci: Program Full Day School Dan Prestasi Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar Hindu |
Depositing User: | Tude |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 07:10 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 07:10 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/445 |