STRATEGI KOMUNIKASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK DI KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS DHARMA DUTA UNIVERSITAS HINDU NEGERI I GUSTI BAGUS SUGRIWA DENPASAR

I GUSTI AYU PATMA DEWI, - (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK DI KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS DHARMA DUTA UNIVERSITAS HINDU NEGERI I GUSTI BAGUS SUGRIWA DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
171306117_I GUSTI AYU PATMA DEWI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

TikTok (juga dikenal sebagai Do uyin (Hanzi: 抖音) adalah sebuah jaringan sosial dan platform video musik. Aplikasi tersebut membolehkan para pemakai untuk membuat video musik pendek mereka sendiri. Melalui media sosial TikTok ini, mahasiswa mampu berbagi mengenai segala aktivitas, kreativitas dan kebahagian mereka yang kemudian diunggahnya. Di masa pandemi ini,dimanfaatkan sebagai alat yang mampu memberikan sarana ilmu pengetahuan, sarana informasi terkait lowongan pekerjaan, bahkan dijadikan wadah untuk menambah relasi. Namun dilihat banyak memiliki keuntungan bagi mahasiswa, Media Sosial TikTok ini juga memiliki dampak negatif. Berdasarkan latar belakang dan topik permasalahan di atas, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan Deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah jenis data kualitatif. penelitian ini juga menggunkan teori- teori untuk membedah penelitian ini yaitu, (1) teori Efek Komunikasi Massa, (2) Teori Fenomenologi, dan (3) Teori Strategi Komunikasi. Penelitian ini mengambil lokasi di Kampus Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.Penelitian ini sumber data yang digunakan berupa data primer dan sekunder. Teknik penentuan informan yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan datanya meliputi: observasi atau pengamatan, Teknik wawancara, teknik studi kepustakaan, dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian strategi komunikasi dalam penggunaan Media Sosial TikTok ini yaitu, (1) mahasiswa Fakultas Dharma Duta yaitu sebagai media promosi Kampus UHN Denpasar, sebagai media hiburan, sebagai media personal branding, dan sebagai media promosi. Dengan pendapat yang dipaparkan iin, mahasiswa dapat menmanfaatkan peluang dan kecangihan Aplikasi TikTok yang mendunia. efek yang diberikan dapat membuka wawasan mahasiswa dalam menggunakan media sosial yang lebih kreatif, (2) peneliti mengemukakan 2 dampak dalam mengunakan Media Sosial TikTok yaitu dampak positif dan dampak negatif. dan (3) Media Sosial TikTok di Kalangan Mahasiswa Fakultas Dharma Duta yaitu dengan membuat akun Media Sosial TikTok, memanfaatkan mahasiswa baru untuk promosi kampus dan menggunakan hastag untuk mempermudah pecaharian video konten.
Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Media Sosial TikTok, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Dharma Duta > S1 - Ilmu Komunikasi Hindu
Depositing User: ulan
Date Deposited: 21 Oct 2025 01:40
Last Modified: 21 Oct 2025 01:40
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/487

Actions (login required)

View Item
View Item