PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS IV SD INSAN PRESTASI SCHOOL DENPASAR

NI KOMANG NOVI INDA LESTARI, - (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS IV SD INSAN PRESTASI SCHOOL DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
161103142_Ni Komang Novi Inda Lestari.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak
Media pembelajaran merupakan alat-alat penunjang dalam proses belajar
mengajar yang digunakan sebagai bantuan dalam proses menjelaskan materi yang
sulit dijelaskan hanya dengan kata-kata verbal saja. Media animasi merupakan
salah satu media yang dapat membantu guru dalam menyampaikan materi yang
diajarkan dan siswa dapat memahami materi pelajaran dengan baik. Media
animasi merupakan media yang berisis kumpulan gambar yang diolah sedemikian
rupa sehingga menghasilkan gerakan dan dilengkapi dengan audio sehingga
berkesan hidup serta menyimpan pesan pesan pembelajaran. Kompetensi
pengetahuan IPA dapat diartikan sebagai kemampuan atau wawasan pengetahuan
siswa terhadap pembelajaran IPA.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media
animasi terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Insan Prestasi
School. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan menggunakan
rancangan “quasi eksperi mental design” dengan desain penelitian nonequivalent
control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD
Insan Prestasi School dengan jumlah 2 kelas, sampel tidak dipilih secara random
maka diperoleh kelas IV A sebagai sampel penelitian dengan jumlah 28 siswa
yang akan diberikan perlakuan dengan menggunakan media animasi dalam mata
pelajaran IPA. Data yang dikumpulkan diperoleh dari penyebaran tes pilihan
ganda dan dianalisis menggunakan uji t.
Hasil analisis uji kesetaraan pretest menunjukan thitung sebesar 0,701< ttabel
maka H0 diterima sedangkan hasil uji t posttest menunjukan thitung sebesar 3,804
lebih besar dari ttabel 2,003, maka hipotesis yang diajukan diterima. Kesimpulan
yang dapat ditarik pada penelitian ini bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
antara penggunaan media animasi terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa
kelas IV SD Insan Prestasi School Denpasar.
Kata Kunci : Media Animasi, Kompetensi Pengetahuan IPA

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tude
Date Deposited: 26 May 2025 02:49
Last Modified: 26 May 2025 02:49
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/489

Actions (login required)

View Item
View Item