PUTU PRADNYA WIKANTI, - (2021) PEMBELAJARAN KOLABORATIF PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD N 2 DAUHWARU KECAMATAN JEMBRANA KABUPATEN JEMBRANA. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of SKRIPSI]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
161103145_Putu Pradnya Wikanti.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Abstrak
Matematika merupakan mata pelajaran pokok yang dipelajari oleh
peserta didik di setiap jenjang pendidikan termasuk bagi siswa sekolah
dasar. Pembelajaran kolaboratif (collaborative learning) memberikan efek
positif pada pembelajaran matematika. Terdapat penelitian ulang yang
menyatakan bahwa dua atau lebih siswa belajar bersama-sama lebih baik
dari pada siswa belajar secara individu, atau jika diibaratkan dua kepala
lebih baik dari pada satu. Metode pembelajaran kolaboratif adalah
pembelajaran yang melibatkan kolaborasi atau kerja sama dari siswa.
Merujuk pada teori tersebut, maka pembelajaran kolaboratif untuk
pembelajaran matematika adalah langkah yang tepat, karena dapat
meningkatkan aktivitas siswa dalam memecahkan masalah saat proses
pembelajaran matematika.
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah : 1) Penerapan
pembelajaran kolaboratif pada mata pelajaran Matematika. 2) Kendala yang
dialami guru wali kelas V SD Negeri 2 Dauhwaru dalam menerapkan
pembelajaran kolaboratif. 3) Implikasi penerapan pembelajaran kolaboratif
bagi kinerja guru wali kelas V SD Negeri 2 Dauhwaru. Penelitian ini
bertujuan untuk : 1) Mengetahui bagaimana langkah – langkah
pembelajaran kolaboratif pada mata pelajaran matematika kelas V SD
Negeri 2 Dauhwaru. 2) Mengetahui kendala – kendala yang dihadapi guru
v
wali kelas V SD Negeri 2 Dauhwaru dalam menerapkan pembelajaran
kolaboratif. 3) Mengetahui implikasi penerapan pembelajaran kolaboratif
terhadap guru dan siswa kelas V SD N 2 Dauhwaru
Teori yang digunakan dalam penelitian ini ada teori konstruktivisme
dan teori humanistik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
kualitatif. Penentuan informan dilakukan secara purposive dengan teknik
pengumpulan data yang meliputi : observasi, wawancara, dokumentasi, dan
study kepustakaan. Teknik analisis data melalui beberapa tahap yaitu
reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Sedangkan metode
penyajian hasil penelitian menggunakan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Penerapan Pembelajaran
Kolaboratif pada Mata Pelajaran Matematika oleh Guru Wali Kelas V SD
Negeri 2 Dauhwaru yakni tahap persiapan dan tahap pelaksanaan dengan
menggunakan teori belajar jigsaw. 2) Kendala – kendala yang dialami oleh
Guru Wali Kelas V SD Negeri 2 Dauhwaru dalam Pembelajaran
Kolaboratif pada Mata Pelajaran Matematika yakni kesulitan guru karena
siswa tidak bisa perkalian dan pembagian dan kesulitan guru dalam
menyiapkan media pembelajaran. 3) Impilkasi kinerja guru wali kelas V
SD Negeri 2 Dauhwaru dalam menerapkan pembelajaran kolaboratif pada
mata pelajaran matematika yakni guru menjadi kreatif dan mengembangkan
rencana pelaksanaan pembelajaran lebih mudah.
Kata kunci : Pembelajaran Kolaboratif, Matematika, Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar Hindu |
Depositing User: | Tude |
Date Deposited: | 26 May 2025 02:55 |
Last Modified: | 26 May 2025 02:55 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/490 |