PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IV SD NO 2 JEGU KABUPATEN TABANAN TAHUN AJARAN 2020/2021

I PUTU PANDE DEDI ARRI PUTRA, - (2021) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IV SD NO 2 JEGU KABUPATEN TABANAN TAHUN AJARAN 2020/2021. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
161103148_I Putu Pande Dedi Arri Putra.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (866kB)

Abstract

Abstrak
Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning adalah konsep
belajar yang membantu guru dalam mengkitkna antara materi yang dipelajarinya
dengan situasi dunia nyata. Dengan model pembelajaran ini siswa dapat lebih
cepat mengerti materi yang diajarkan di sekolah dan dapat mengkaitkannya
dengan situasi dunia nyata. Model pembelajaran ini untuk memperbaiki dan
meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model pembelajaran
Contextual Teching and Learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD N 2
Jegu Tahun Ajaran 2020/2021. Metode penelitian adalah kuantitatif eksperimen.
Teknik pengumpulan sampel dilakukan secara random, pengumpulan data
menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif dengan
tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan oleh sugiyono (2014),
sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 40 siswa. Hasil analisis yang
dilakukan di dapatkan bahwa nilai hitung 0,871 dan diperoleh koefisien
determinasi (r square) sebesar 0,320 dengan N: 40. Dari hasil dari uji ini
mengandung pengertian bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.
Hasil penelitian ini adalah, berdasarkan hasil penelitian dan analisis data
statistic, maka diperoleh simpulan nilai r hitung adalah 0,871 pada N = 40
diketahui r table bernilai 0,320 sehingga r hitung > r table maka dapat
disimpulkan bahwa pengaruh Model pembelajaran Contextual Teachng and
Learning terhadap hasil belajar siswa bersifat kuat atau memiliki kolerasi
signifikan. Ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan
antara Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan hsil belajar
siswa kelas IV SD N 2 Jegu, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan Tahun
Ajaran 2020/2021.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Hasil
Belajar, Tematik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tude
Date Deposited: 26 May 2025 03:02
Last Modified: 26 May 2025 03:02
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/491

Actions (login required)

View Item
View Item