YULIA RAHAYU, - (2021) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MATA PELAJARAN IPA DENGAN TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI DI SDN 2 BATUBULAN KABUPATEN GIANYAR PROVINSI BALI. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of SKRIPSI]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
161103150_Yulia Rahayu.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Abstrak
Proses belajar-mengajar di sekolah dasar biasanya menggunakan berbagai
macam model, metode, strategi, teknik, dan media pembelajaran. Dimasa
sekarang ini banyak peserta didik yang sulit mengerti dengan apa yang dijelaskan
oleh guru mereka sendiri. Dalam hal ini peneliti menggunakan salah satu model
pembelajaran yaitu model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam pembelajaran
IPA di SDN 2 Batubulan. Penelitian ini mengkaji tentang (1)Bagaimanakah
pembelajaran IPA yang diterapkan dengan menggunakan model pembelajaran
inkuiri terbimbing? (2)Kendala apa saja yang ditemukan dalam proses belajar
mengajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing?
(3)Upaya apa yang dapat dilakukan dalam menangani kendala dalam proses
pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing?
Teori yang digunakan dalam menganalisis rumusan masalah tersebut
adalah teori behavioristik, teori belajar sosial, dan teori kontruktivisme. Jenis
penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dan dengan jenis data kualitatif
dengan sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang
digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan.
Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing baik
untuk digunakan dikalangan sekolah dasar karna membuat siswa memiliki
pemahaman tersendiri bagi siswa sehingga guru hanya menambahkan sedikit
tentang pembelajaran IPA. Kendala yang dihadapi guru yaitu banyak siswa yang
terlalu asik bermain sehingga tugas mereka terbengkalai dan waktu yang
dibutuhkan menjadi lebih lama. Cara guru mengatasi kendala yang mereka hadapi
ialah dengan memberi selingan berupa permainan yang akan menarik kembali
minat siswa dalam belajar.
Kata Kunci: Pembelajaran IPA, Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Tude |
Date Deposited: | 26 May 2025 03:06 |
Last Modified: | 26 May 2025 03:06 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/492 |