PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD DWIJENDRA DENPASAR

I GUSTI AYU IMAN NOLISA APRIANI, - (2021) PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD DWIJENDRA DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
161103151_I Gusti Ayu Iman Nolisa Apriani.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Abstrak
Media gambar merupakan hasil lukisan tangan yang dicetak atau
diproduksi atau hasil fotografi yang dituangkan dalam bentuk gambar yang
mempunyai daya tarik yang maksimal. Di SD Dwijendra Denpasar dalam
pembelajaran Tematik guru berupaya menggunakan media gambar sebagai alat
bantu dalam mengajar karena kurangnya minat siswa dalam mengikuti
pembelajaran.
Adapun masalah yang akan dibahas antara lain. (1) Bagaimanakah varian
media gambar dalam pembelajaran Tematik di SD Dwijendra Denpasar. (2)
Bagaimanakah penerapan media gambar dalam pembelajaran Tematik di SD
Dwijendra Denpasar. (3) Bagaimanakah upaya penerapan media gambar dalam
pembelajaran Tematik di SD Dwijendra Denpasar.
Peneliti ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui varian media gambar dalam
pembelajaran Tematik di SD Dwijendra Denpasar. (2) Untuk mengetahui
penerapan media gambar dalam pembelajaran Tematik di SD Dwijendra
Denpasar. (3) Untuk mengetahui upaya penerapan media gambar dalam
pembelajaran Tematik di SD Dwijendra.
Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah adalah : Teori
Konstruktivisme untuk membedah masalah satu dan dua yaitu varian media
gambar dan penerapan dalam pembelajaran Tematik di SD Dwijendra Denpasar.
Teori behavioristik untuk membedah rumusan masalah tiga yaitu upaya penerapan
media gambar dalam pembelajaran Tematik di SD Dwijendra Denpasar.
Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dari data primer yang diperoleh melalui
penelitian lapangan dan data sekunder yang diperoleh dari beberapa dokumentasi
kepustakaan. Untuk memperoleh data mengenai penerapan media gambar peneliti
menerapkan metode pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara,
kepustakaan serta dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan
teknik diskriptif dengan langkah-langkah reduksi, penyajian data, dan penarikan
simpulan.
Hasil penelitian ini adalah (1) varian media gambar dalam pembelajaran
tematik di kelas satu, dua dan tiga yaitu menggunakan jenis media gambar seperti
poster, kartun. (2) Penerapan media gambar dalam proses pembelajaran dalam
penelitian menempuh 4 tahapan yaitu persiapan, penyajian, tindak lanjut dan
penutup. Di dalam penerapan ditemui kendala dalam penerapan media gambar
yaitu kendala berdasarkan faktor internal dan eksternal. (3) Upaya yang dilakukan
dalam penerapan media gambar yaitu memaksimalkan pembuatan media gambar,
pengelolaan kelas yang baik dan kebijakan internal guru dan sekolah.
Kata kunci : Media Gambar, Tematik Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tude
Date Deposited: 26 May 2025 03:09
Last Modified: 26 May 2025 03:09
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/493

Actions (login required)

View Item
View Item