FAKTOR - FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA KELAS TINGGI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PENATIH DENPASAR TIMUR

I MADE GEDE PALGUNA PUTRA, - (2021) FAKTOR - FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA KELAS TINGGI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PENATIH DENPASAR TIMUR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
161103161_I Made Gede Palguna Putra.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Abstrak
Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang telah diperkenalkan
kepada siswa sejak tingkat dasar (SD) sampai ke jenjang yang lebih tinggi
(Perguruan Tinggi). Matematika memberikan kontribusi yang sangat besar, mulai
dari yang sederhana sampai yang kompleks, mulai dari yang abstrak sampai yang
kongret untuk pemecahan masalah dalam segala bidang. Penelitian ini akan
membahas tiga pokok, yaitu: (1) Apakah faktor penyebab kesulitan belajar
matematika pada kelas tinggi di Sekolah Dasar Negeri 1 Penatih ? (2)
Bagaimanakah bentuk pembelajaran matematika pada kelas tinggi di Sekolah
Dasar Negeri 1 Penatih ? (3) Bagaimanakah upaya yang dilakukan untuk
mengatasi kesulitan belajar matematika pada kelas tinggi di Sekolah Dasar Negeri
1 Penatih ?. Masalah penelitian tersebut akan di jawab melalui dua teori penelitian
yaitu teori konstruktivisme dan teori behaviorisme. Data penelitian akan
dikumpulkan dengan teknik observasi non partisipan, wawancara tidak terstruktur,
kepustakaan dan dokumen. Adapun analisis data yang digunakan adalah reduksi
data, penyajian data, simpulan data dan verifikasi.
Hasil penelitian ini mengungkapkan adapun faktor penyebab kesulitan
belajar matematika pada kelas tinggi di Sekolah Dasar Negeri 1 Penatih dapat
dibedakan menjadi dua yaitu penyebab berdasarkan faktor internal dan penyebab
berdasarkan faktor eksternal. Bentuk pembelajaran matematika pada kelas tinggi
dilakukan secara bertahap dari kelas rendah menuju ke kelas tinggi serta
menggunakan sistem mengulang. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi
kesulitan belajar matematika pada kelas tinggi adalah menggunakan media
pembelajaran yang kongret, memperbanyak soal latihan, menjalin kerjasama
dengan orang tua, permasalahan yang diberikan berkaitan dengan kehidupan
sehari-hari, memberikan kebebasan siswa, menghilangkan rasa takut siswa,
memberikan motivasi, dan penggunaan metode demonstrasi dan diskusi.
Kata Kunci: Kesulitan Belajar Matematika, Kelas Tinggi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar Hindu
Depositing User: Tude
Date Deposited: 26 May 2025 03:13
Last Modified: 26 May 2025 03:13
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/494

Actions (login required)

View Item
View Item