PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GI (GROUP INVESTIGATION) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP IPA GAYA KELAS IV SEMESTER GENAP DI SDN 5 KAWAN TAHUN AJARAN 2019/2020

JERO SARI BEJUG, - (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GI (GROUP INVESTIGATION) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP IPA GAYA KELAS IV SEMESTER GENAP DI SDN 5 KAWAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
161103166_Jero Sari Bejug.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran group
investigation terhadap penguasaan konsep IPA Gaya siswa kelas IV semester genap
Sekolah Dasar Negeri 5 Kawan Kecamatan Bangli Kabupaten Bangli Tahun
Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini eksperimen semu dengan desain penelitin
non-equivalent onyly post test control group desain. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas IV sekolah dasar negeri 5 kawan Kecamatan Bangli. Sampel
penelitian diambil menggunakan teknik random sampling undian sebanyak dua
kali. Data penguasaan konsep IPA dikumpulkan menggunakan tes objektif pilihan
ganda, kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh
nilai thitung lebih besar dari nilai t tabel, dengan demikian disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran group investigation
terhadap penguasaan konsep IPA siswa kelas IV semester genap Sekolah Dasar
Negeri 5 Kawan Kecamatan Bangli Kabupaten Bangli.
Kata kunci: model grup investigation, penguasaan konsep IPA

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar Hindu
Depositing User: Tude
Date Deposited: 26 May 2025 03:19
Last Modified: 26 May 2025 03:19
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/495

Actions (login required)

View Item
View Item