NI KADEK MONI JULIANTI, - (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELALUI AJARAN TRI HITA KARANA DI SD NEGERI 5 KAWAN BANGLI. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of SKRIPSI]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171103101_Ni Kadek Moni Julianti.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Abstrak
Pendidikan karakter adalah proses perubahan tingkah laku, penambahan
ilmu pengetahuan dan pengalaman hidup agar peserta didik menjadi lebih dewasa
dalam pemikiran dan sikap. Pembelajaran Tri Hita Karana selain untuk
menambah pengetahuan dan pemahaman siswa, juga bertujuan agar siswa dapat
menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat terwujudnya
kehidupan yang bahagia dan sejahtera. Penerapan ajaran Tri Hita Karana dalam
pendidikan karakter siswa agar terjadi keseimbangan hidup yang berkelanjutan
serta sebagaimana sebuah landasan dalam perwujudan nyata dengan
melaksanakan kehidupan yang serasi demi terwujudnya kehidupan yang aman,
damai, sejahtera, dan bahagia.
Adapun permasalahan yang akan dibahas antara lain: (1) Bagaimanakah
implementasi pendidikan karakter siswa melalui ajaran Tri Hita Karana di SD
Negeri 5 Kawan? (2) Kendala apakah yang dihadapi dalam implementasi
pendidikan karakter siswa melalui ajaran Tri Hita Karana di SD Negeri 5 Kawan?
(3) Upaya apakah yang dilakukan untuk mengatasi implementasi pendidikan
karakter siswa melalui ajaran Tri Hita Karana di SD Negeri 5 Kawan?
Teori yang digunakan untuk menganalisis rumusan masalah adalah teori
behaviorisme, teori empirisme, dan teori peran. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode kualitatif. Dalam mengumpulkan data menggunakan
metode observasi, wawancara, studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Data
yang telah terkumpul dianalisis dengan metode pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data, penyimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukan (1) Implementasi pendidikan karakter siswa
melalui ajaran Tri Hita Karana terdiri dari implementasi pendidikan karakter
siswa dalam konteks Parhyangan atau hubungan harmonis antara manusia dengan
Tuhan, implementasi pendidikan karakter siswa dalam konteks Pawongan atau
hubungan antara manusia dengan manusia, dan implementasi pendidikan karakter
siswa dalam konteks Palemahan atau hubungan antara manusia dengan alam
lingkungan sekitar. (2) Kendala yang dihadapi dalam implementasi pendidikan
karakter siswa yakni faktor internal dan faktor eksternal. (3) Upaya untuk
mengatasi kendala implementasi pendidikan karakter siswa : pemberian contoh
teladan, peningkatan peranan sekolah, dan peningkatan peranan orang tua.
Kata Kunci : Implementasi, Pendidikan Karakter Siswa, Tri Hita Karana
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Tude |
Date Deposited: | 26 May 2025 03:24 |
Last Modified: | 26 May 2025 03:24 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/496 |