I KADEK JOZEP PRADIPTA, - (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER TABUH UNTUK MENANAMKAN NILAI CINTA BUDAYA PADA ANAK SD DI SLB NEGERI 1 DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
171103113_I Kadek Jozep Pradipta.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Abstract
ABSTRAK
STRATEGI PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER TABUH
UNTUK MENANAMKAN NILAI CINTA BUDAYA
PADA ANAK SD DI SLB NEGERI 1 DENPASAR
I KADEK JOZEP PRADIPTA
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Email: kasepff@gmail.com
Indonesia adalah negara multikultural, dan Tabuh adalah salah satu dari
budaya Indonesia, yang merupakan kesenian daerah Bali. Pada masa ini, kesenian
tabuh semakin sedikit peminatnya. Oleh karena itu perlu dilakukan penanamkan
nilai cinta budaya sejak usia sekolah dasar. Salah satu kegiatan yang dapat
dilakukan untuk menanamkan nilai cinta budaya pada anak adalah ekstrakurikuler
tabuh. Di SLB Negeri 1 Denpasar diadakan kegiatan ekstrakurikuler tabuh,
bertujuan untuk memperkenalkan dan memberikan gambaran awal mengenai seni
tabuh. Untuk mengajarkan tabuh kepada siswa tunanetra dibutuhkan strategi yang
tepat agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: (1) bagaimana strategi
pembelajaran yang diterapkan dalam kegiatan ekstrakurikuler tabuh di SLB
Negeri 1 Denpasar, (2) Apa saja kendala-kendala yang dihadapi dan solusi yang
ditawarkan oleh guru dalam kegiatan ekstrakurikuler tabuh di SLB Negeri 1
Denpasar, dan (3) bagaimana bentuk nilai cinta budaya anak SD di SLB Negeri 1
Denpasar.
Teori yang digunakan untuk menganalisis rumusan masalah adalah (1)
teori behavioristik, (2) teori motivasi, dan (3) teori konstruktivistik. Subjek
penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru, dan Siswa SLB Negeri 1 Denpasar,
serta pengasuh asrama Dria Raba. Metode pengumpulan datanya yaitu observasi,
wawancara, studi kepustakaan, dan studi dokumentasi. Teknik penentuan
informan yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data yaitu:
(1) data collection, (2) data reduction, (3) data display, dan (4) conclusion
drawing/verification.
Strategi pembelajaran yang diterapkan dalam kegiatan ekstrakurikuler
tabuh di SLB Negeri 1 Denpasar adalah strategi pembelajaran belajar tuntas, dan
strategi pembelajaran mandiri. Kendala yang dihadapi ada dua faktor yaitu faktor
internal: (1) Perbedaan kemampuan siswa, (2) Minimnya jumlah siswa yang
mengikuti ekstrakurikuler tabuh, (3) Ruangan sempit, dan (4) Usia gamelan yang
sudah tua, dan faktor eksternal: (1) Jadwal guru terbentur dan (2) Cuaca yang
tidak menentu. Bentuk nilai cinta budaya anak SD di SLB Negeri 1 Denpasar
dapat dilihat dari antusias siswa saat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tabuh,
inisiatif siswa megamel untuk mengiringi upacara persembahyangan di sekolah,
dan juga rasa ingin tahu siswa terhadap musik tradisional Bali.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Ekstrakurikuler Tabuh, Nilai Cinta
Budaya
ABSTRACK
STRATEGI PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER TABUH
UNTUK MENANAMKAN NILAI CINTA BUDAYA
PADA ANAK SD DI SLB NEGERI 1 DENPASAR
I KADEK JOZEP PRADIPTA
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Email: kasepff@gmail.com
Indonesia is a multicultural country, and Tabuh is one of Indonesian
culture, which is a Balinese art. At this time, percussion arts are getting less and
less enthusiasts. Therefore, it is necessary to instill the value of cultural love since
elementary school age. One of the activities that can be done to instill the value of
cultural love in children is percussion extracurricular. At SLB Negeri 1 Denpasar,
percussion extracurricular activities were held, aiming to introduce and provide an
initial overview of percussion art. To teach percussion to blind students,
appropriate strategies are needed so that learning objectives can be achieved.
The problems in this study are: (1) how are the learning strategies applied
in percussion extracurricular activities at SLB Negeri 1 Denpasar, (2) what are the
obstacles faced and the solutions offered by teachers in percussion extracurricular
activities at SLB Negeri 1 Denpasar, and (3) what is the form of the value of
cultural love for elementary school children at SLB Negeri 1 Denpasar.
The theories used to analyze the problem formulation are (1) behavioristic
theory, (2) motivation theory, and (3) constructivist theory. The subjects of this
study were the Principal, Teachers, and Students of SLB Negeri 1 Denpasar, as
well as the caretaker of the Dria Raba dormitory. The data collection methods are
observation, interview, literature study, and documentation study. The informant
determination technique used is purposive sampling. The data analysis techniques
are: (1) data collection, (2) data reduction, (3) data display, and (4) conclusion
drawing/verification.
The learning strategies applied in percussion extracurricular activities at
SLB Negeri 1 Denpasar are complete learning learning strategies, and
independent learning strategies. The obstacles faced were two factors, namely
internal factors: (1) Differences in student abilities, (2) The minimum number of
students participating in percussion extracurricular activities, (3) Narrow rooms,
and (4) Old age of the gamelan, and external factors: (1 ) The teacher's schedule
collides and (2) The weather is erratic. The form of the value of cultural love for
elementary school children at SLB Negeri 1 Denpasar can be seen from the
enthusiasm of students when participating in percussion extracurricular activities,
the initiative of megamel students to accompany the prayer ceremony at school,
and also students' curiosity about traditional Balinese music.
Keywords: Learning Strategies, Extracurricular Percussion, Value of
Cultural Love
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Unnamed user with username isma |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 01:40 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 01:40 |
| URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/501 |

