NI NYOMAN AYU APRIANI, - (2021) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR DALAM JARINGAN SISWA DI SD NO. 2 MUNGGU KECAMATAN MENGWI KABUPATEN BADUNG TAHUN AJARAN 2020-2021. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
171103118_NI NYOMAN AYU APRIANI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK
STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN
MOTIVASI BELAJAR DALAM JARINGAN SISWA DI SD NO.
2 MUNGGU KECAMATAN MENGWI KABUPATEN BADUNG
TAHUN AJARAN 2020-2021
NI NYOMAN AYU APRIANI
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Email : ayuapriani204@gmail.com
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Strategi guru dalam
meningkatkan minat dan motivasi belajar dalam jaringan siswa di SD No. 2
Munggu, (2) Kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan minat dan motivasi
belajar dalam jaringan siswa di SD No. 2 Munggu, (3) Upaya yang dilakukan guru
untuk mengatasi kendala dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar dalam
jaringan siswa di SD No. 2 Munggu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini
adalah teori behaviorisme, teori konstruktivisme, dan teori progresivisme. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan
deskriptif. Dalam teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi,
wawancara, studi dokumentasi, dan studi kepustakaan. Data yang telah terkumpul
dianalisis dengan metode kualitatif yaitu yaitu reduksi data, penyajian data, dan
verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Strategi guru dalam meningkatkan minat
dan motivasi belajar dalam jaringan siswa di SD No. 2 Munggu dimulai dari tahap
persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Pada tahap persiapan hal yang
dilakukan guru yaitu: menyusun perangkat pembelajaran, memilih dan menguasai
bahan ajar. Pada tahap pelaksanaan guru menggunakan pendekatan, metode, model,
maupun media dan sumber belajar yang tepat dan bervariasi. Strategi yang
dirancang guru bertujuan agar siswa tertarik dan termotivasi dalam belajar siswa.
(2) Kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar
dalam jaringan siswa di SD No. 2 Munggu berasal dari faktor siswa, faktor guru,
faktor sekolah, dan faktor keluarga. (3) Upaya yang dilakukan guru untuk
mengatasi kendala dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar dalam jaringan
siswa di SD No. 2 Munggu adalah penggunaan media pembelajaran yang
bervariasi, memberikan kuota gratis, memahami karakteristik siswa, guru
mengikuti pelatihan penggunaan aplikasi pembelajaran, memberikan penugasan
untuk mengatasi keterbatasan waktu dalam pembelajaran daring, dan melakukan
kerjasama dengan orang tua siswa.
Kata kunci : Strategi Guru, Minat Belajar, Motivasi Belajar
ABSTRACT
STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN
MOTIVASI BELAJAR DALAM JARINGAN SISWA DI SD NO.
2 MUNGGU KECAMATAN MENGWI KABUPATEN BADUNG
TAHUN AJARAN 2020-2021
NI NYOMAN AYU APRIANI
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Email : ayuapriani204@gmail.com
This study aims to determine: 1) The teacher’s strategy in increasing interest
and motivation to learn in student networks at SD No. 2 Munggu, 2) The obstacles
faced by teachers in increasing interest and motivation to learn in student networks
in SD No. 2 Munggu, 3) The efforts made by teachers to overcome obstacles in
increasing interest and motivation to learn in student networks at SD No. 2 Munggu.
The theory used in this research is behaviorism theory, constructivism theory, and
progressivism theory. This type of research is a qualitative research using a
descriptive approach. In data collection techniques using observation techniques,
interviews, documentation studies, and literature studies. The data that has been
collected is analyzed by qualitative methods, namely data reduction, data
presentation, and data verification.
The results of the study show (1) The teacher’s strategy in increasing interest
and motivation to learn in students networks at SD No. 2 Munggu strating from the
preparation stage, implementation stage, and evalutation stage. At the preparation
stage, the things the teacher does are: compiling learning tools, selecting and
mastering teaching materials. At the implementation stage the teacher uses
appropriate and varied approaches, methods, models, as well as media and learning
resoursces. The strategy designed by the teacher aims to make students interested
and motivated in learning. (2) The obstacles faced by teachers in increasing interest
and motivation to learn in student networksin SD No. 2 Munggu come from student
factors, teacher factors, school factors, and family factors. (3) Efforts made by
teachers to overcome obsracles in increasing interest and motivation to learn in
student networks at SD No. 2 Munggu are the use of varied learning media,
providing free quotas, understanding student characteristics, teachers participating
in training on the use of learning applications, giving assignments to overcome time
constraints in online learning, and collaborate with parents.
Keywords: Teacher’s strategy, interest in learning, motivation to learn
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
| Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Unnamed user with username isma |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 01:41 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 01:41 |
| URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/506 |

