NI WAYAN SAMPE, - (2021) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 DI SD NEGERI 5 KAWAN, KELURAHAN KAWAN, KABUPATEN BANGLI. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of Skripsi]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171103121_Ni Wayan Sampe.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI MASA
PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 DI
SD NEGERI 5 KAWAN KELURAHAN KAWAN KABUPATEN BANGLI
NI WAYAN SAMPE
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Email : wayansampe@gmail.com.
Pendidikan merupakan program strategis jangka panjang yang harus
mampu menjawab kebutuhan dan tantangan nadional dan global pada saat sekarang
dan yang akan datang. Mengingat semakin ketatnya tantangan dan perkembangan
lingkungan pada era globalisasi, baik dalam skala nasional maupun internasional
dalam berbagai bidang kehidupan, oleh karenanya, pembangunan pendidikan
merupakan salah satu prioritas utama dalam agenda pembangunan nasional yang
diarahkan salah satunya keepada upaya peningkatan mutu pendidikan. Namun
faktanya dalam situasi pandemi Covid-19 ini, proses pendidikan menemui
permasalahan yang sangat kompleks karena tidak dapat melakukan proses
pembelajaran dengan baik. Oleh karena itu diperlukan suatu model pembelajaran
yang dapat membangkitkan motivasi belajar siswa.
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah: 1) Adakah pengaruh
penerapan Model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas 5 di
SD Negeri 5 Kawan, Kelurahan Kawan, Kabupaten Bangli. Penelitian ini bertujuan
untuk memverifikasi relevansi peran serta dan upaya-upaya yang dilakukan oleh
para pendidik untuk meningkatkan hasil belajar siswa di tengah situasi pandemi
Covid-19 yang sedang melanda seluruh dunia.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 5 Kawan Kelurahan Kawan,
Kabupaten Bangli. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas 5 dengan jumlah siswa sebanyak 60 orang. Analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan uji paired t-test.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penerapan model problem
based learning terhadap hasil belajar siswa kelas 5 di SD Negeri 5 Kawan,
Kelurahan Kawan, Kabupaten Bangli. Model problem based learning dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 di SD Negeri 5 Kawan, Kelurahan Kawan,
Kabupaten Bangli. Praktisi pendidikan, khususnya pihak-pihak yang terlibat dalam
pembelajaran disarankan untuk menggunakan model problem based learning
sebagai salah satu alternatif pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran di kelas
mengingat memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Model, Problem Based Learning, Covid-19, Hasil Belajar
ABSTRACT
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI MASA
PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 DI
SD NEGERI 5 KAWAN KELURAHAN KAWAN KABUPATEN BANGLI
NI WAYAN SAMPE
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Email : wayansampe@gmail.com.
Education is a long-term strategic program that must be able to answer
national and global needs and challenges at present and in the future. Given the
increasingly stringent challenges and environmental developments in the era of
globalization, both on a national and international scale in various fields of life,
therefore, education development is one of the main priorities in the national
development agenda which is directed to maintain efforts to improve education. But
the fact is that in this Covid-19 pandemic situation, the education process
encounters very complex problems because it cannot carry out the learning process
properly. Therefore we need a learning model that can generate student learning
motivation.
The problems discussed in this study are: 1) Is there any effect of applying
the Problem Based Learning Model on the learning outcomes of 5th grade students
at SD Negeri 5 Kawan, Kawan Village, Bangli Regency. This study aims to verify
the relevance of the participation and efforts made by educators to improve student
learning outcomes in the midst of the Covid-19 pandemic situation that has hit the
whole world.
This research was conducted at SD Negeri 5 Kawan, Kawan Village, Bangli
Regency. The population in this study were 5th grade students with a total of 60
students. Data analysis used in this research is quantitative analysis with paired t-
test.
The results showed that there was an effect of applying the problem based
learning model on the learning outcomes of 5th graders at SD Negeri 5 Kawan,
Kawan Village, Bangli Regency. The problem based learning model can improve
the learning outcomes of 5th graders at SD Negeri 5 Kawan, Kawan Village, Bangli
Regency. Education practitioners, especially those involved in activities, are
advised to use problem-based learning models as an alternative to learning in
classroom learning given that it has a positive influence on student learning
outcomes.
Keywords: Model, Problem Based Learning, Covid-19, Learning Outcomes
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with username isma |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 01:41 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 01:41 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/508 |