STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RASA INGIN TAHU DAN MANDIRI SISWA DI SD NEGERI 3 TONJA

DESAK PUTU CITRA YULIA NINGSIH, - (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RASA INGIN TAHU DAN MANDIRI SISWA DI SD NEGERI 3 TONJA. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
171103124_Desak Putu Citra Yulia Ningsih.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK

STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM
PEMBENTUKAN KARAKTER RASA INGIN TAHU DAN MANDIRI

SISWA DI SD NEGERI 3 TONJA
DESAK PUTU CITRA YULIA NINGSIH
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

Email: citrayulia200@gmail.com

Strategi pembelajaran matematika berkaitan erat dengan pembentukan rasa
ingin tahu dan mandiri siswa. Jika strategi pembelajaran yang digunakan tepat
maka proses pembelajaran akan lebih bermakna dan tujuan pembelajaran dapat
tercapai maksimal. Strategi pembelajaran tidak hanya berpengaruh pada ranah
intelektual, namun juga mampu membentuk karakter. Dengan demikian
diharapkan karakter rasa ingin tahu dan mandiri siswa dapat terbentuk.
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana
penerapan strategi pembelajaran matematika dalam pembentukan karakter rasa
ingin tahu dan mandiri siswa di SD Negeri 3 Tonja?, 2) Apa saja kendala yang
dihadapi dalam penerapan strategi pembelajaran matematika dalam pembentukan
karakter rasa ingin tahu dan mandiri siswa di SD Negeri 3 Tonja?, dan 3)
Bagaimana upaya-upaya mengatasi kendala dalam penerapan strategi
pembelajaran matematika dalam pembentukan karakter rasa ingin tahu dan
mandiri siswa di SD Negeri 3 Tonja?. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk
mengetahui penerapan strategi pembelajaran matematika dalam pembentukan
karakter rasa ingin tahu dan mandiri siswa di SD Negeri 3 Tonja, 2) Untuk
mengetahui kendala yang dihadapi dalam penerapan strategi pembelajaran
matematika dalam pembentukan karakter rasa ingin tahu dan mandiri siswa di SD
Negeri 3 Tonja, dan 3) Untuk mengetahui upaya-upaya mengatasi kendala dalam
penerapan strategi pembelajaran matematika dalam pembentukan karakter rasa
ingin tahu dan mandiri siswa di SD Negeri 3 Tonja.
Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah ini adalah teori
konstruktivisme, teori kognitif dan teori motivasi. Metode pengumpulan data
dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini
dipersiapkan beberapa hal yakni instrument penelitian, data yang terkumpul
kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan strategi
pembelajaran matematika dalam pembentukan karakter rasa ingin tahu dan
mandiri siswa dengan menerapkan pendekatan, metode dan model pembelajaran.

Kendala yang dihadapi guru yaitu kesulitan dalam penggunaan metode
pembelajaran, kesulitan dalam penggunaan alat peraga dan kesulitan mengelola
kelas. Adapun upaya-upaya yang dilakukan guru adalah berinovasi dalam
pembelajaran, mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran dan menetapkan
peraturan kelas.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Matematika, Karakter Rasa Ingin Tahu
dan Mandiri, Guru, Siswa

ABSTRACT

MATHEMATICS LEARNING STRATEGIES IN FORMING THE
CURIOSITY AND INDEPENDENT CHARACTER OF STUDENTS AT

SD NEGERI 3 TONJA
DESAK PUTU CITRA YULIA NINGSIH
Elementary School Teacher Education Study Program

Department of Elementary School Teacher Education Faculty of Dharma Acarya

State Hindu University I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

Email: citrayulia200@gmail.com

Mathematics learning strategies are closely related to the formation of
students' curiosity and independence. If the appropriate learning strategy is used,
the learning process will be more meaningful and the learning objectives can be
achieved maximally. Learning strategies not only affect the intellectual realm but
are also able to shape character. Thus, it is hoped that the character of curiosity
and independence of students can be formed.
The problems discussed in this study are 1) How is the application of
mathematics learning strategies in forming the character of curiosity and
independence of students at SD Negeri 3 Tonja?, 2) What are the obstacles faced
in implementing mathematics learning strategies in forming the character of
curiosity and independent students at SD Negeri 3 Tonja?, and 3) What are the
efforts to overcome obstacles in the application of mathematics learning strategies
in forming the character of curiosity and independence of students at SD Negeri 3 Tonja?. This study aims to: 1) To find out the application of mathematics learning
strategies in the formation of the character of curiosity and independence of
students at SD Negeri 3 Tonja, 2) To find out the obstacles faced in the
application of mathematics learning strategies in forming the character of
curiosity and independence of students at SD Negeri 3 Tonja, and 3) To find out
efforts to overcome obstacles in the application of mathematics learning strategies
in forming the character of curiosity and independence of students at SD Negeri 3
Tonja.
The theories used to analyze this problem are constructivism theory,
cognitive theory, and motivation theory. Methods of data collection are done
through observation, interviews, and documentation. In this study, several things
were prepared, namely, the research instrument, the data collected, and then
analyzed through data reduction, data presentation, and concluding.
The results showed that the teacher used mathematics learning strategies in
the formation of students' curiosity and independence by applying approaches,
methods and learning models. The obstacles faced by teachers are difficulties in
using learning methods, difficulties in using teaching aids and difficulties in
managing the class. The efforts made by the teacher are innovating in learning, optimizing the use of learning media and setting class rules.
Keywords: Learning Strategy, Mathematics, Curiosity and Independent
Character, Teacher, Student

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 01:41
Last Modified: 21 Oct 2025 01:41
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/509

Actions (login required)

View Item
View Item