STRATEGI PEMBELAJARAN IPA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SD SARASWATI 1 DENPASAR

NI PUTU SRI KUSUMA WIDHYANTI, - (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN IPA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SD SARASWATI 1 DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
171103125_Ni Putu Sri Kusuma Widhyanti.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

STRATEGI PEMBELAJARAN IPA DALAM PEMBELAJARAN DARING

DI SD SARASWATI 1 DENPASAR

NI PUTU SRI KUSUMA WIDHYANTI
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya

Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

Email: putusrikusuma@gmail.com

Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan hidup manusia yang
harus dipenuhi oleh sdetiap orang. Pendidikan adalah usaha sadar dan
terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar
peserta didik secara aktif mengembangkan potensi untuk memiliki kekuatan
spiritual keagamaan, pengetahuan diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak
mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan
negara. Pada proses pendidikan di sekolah dasar, ada berbagai macam
pengetahuan yang dipelajari yang terbagi ke dalam mata pelajaran
diantaranya: Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia,
Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS),
Olahraga, dan berbagai bidang keilmuan lainnya. Pembelajaran IPA yang
umumnya dilakukan secara tatap muka, pada saat ini harus dapat
beradaptasi dengan pembelajaran daring.
Berdasarkan later belakang diatas, maka dalam penelitian ini ada tiga
permasalahan yang akan dibahas antara lain: (1) Bagaimana perencanaan
pembelajaran IPA secara daring di SD Saraswati 1 Denpasar? (2)
Bagaimana pelaksanaan pembelajaran IPA secara daring di SD Saraswati 1
Denpasar? (3) Apa saja penilaian yang digunakan dalam pembelajaran IPA
secara daring di SD Saraswati 1 Denpasar?
Teori yang digunakan untuk menganalisis rumusan masalah, yaitu: (1)
Teori Humanistik, (2) Teori Konstruktivisne, (3) Teori Behaviorisme, (4)
Teori Belajar Sosial, dan (4) Teori Progresivisme. Subjek dalam penelitian
ini adalah guru IPA di SD Saraswati 1 Denpasar. Metode yang digunakan
untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara terstruktur, studi
kepustakaan, dan dokumen. Teknik penentuan informan yang digunakan
adalah Purpose Sampling. Data yang terkumpul di analisis dengan teknik
analisis data dengan langkah reduksi data, penyajian data (display data), dan
verifikasi data (conclusion drawing).
Hasil penelitian menunjukan (1) Perencanaan pembelajaran IPA
dilakukan dengan mempersiapkan terlebih dahulu materi pembelajaran,
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), media dan sarana pembelajaran,
dan sumber belajar. (2) Pelaksanaan pembelajaran IPA secara daring dilaksanakan dengan menggunakan power point atau video pembelajaran
yang dikirim melalui aplikasi whatsapp, google classroom, dan zoom
meeting. Serta menggunakan pendekatan Saintifik dengan langkah 5M
(Mengamati, Menanya, Mengumpulkan informasi, Mengasosiasikan /
Mengolah informasi, dan Mengkomunikasikan. (3) Penilaian pembelajaran
IPA secara daring yang digunakan di SD Saraswati 1 Denpasar
menggunakan rubrik penilaian. Penilaian diukur sesuai dengan kompetensi
yang ingin dicapai. Instrumen penilaian yang digunakan berupa tes dan non
tes. Instrumen tes berupa tes tertulis dan tes lisan. Sedangkan instrumen non
tes ditentukan dengan cara melakukan observasi, wawancara, dan angket.
Kata kunci: Strategi, Pembelajaran, IPA, Daring, Sekolah Dasar

ABSTRAK

STRATEGI PEMBELAJARAN IPA DALAM PEMBELAJARAN DARING

DI SD SARASWATI 1 DENPASAR

NI PUTU SRI KUSUMA WIDHYANTI
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya

Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

Email: putusrikusuma@gmail.com

Education is one of the needs of human life that must be met by every
person. Education is a conscious and planned effort to realize the
atmosphere of learning and learning process so that learners actively
develop the potential to have religious spiritual power, self-knowledge,
personality, intelligence, noble morals, as well as the necessary skills
themselves, society, nation, and country. In the process of education in
elementary school, there are a variety of knowledge learned that is divided
into subjects such as Religion, Citizenship Education, Indonesian Language,
Mathematics, Natural Sciences (IPA), Social Sciences (IPS), Sports, and

various other scientific fields. Science learning is generally done face-to-
face, at this time must be able to adapt to online learning.

Based on the back of the above, then in this study there are three
problems that will be discussed, among others: (1) How to plan online
science learning at SD Saraswati 1 Denpasar? (2) How is the
implementation of online science learning at SD Saraswati 1 Denpasar? (3)
What are the assessments used in online science learning at SD Saraswati 1
Denpasar?
The theories used to analyze problem formulations are: (1)
Humanistic Theory, (2) Constructivist Theory, (3) Behaviorism Theory, (4)
Social Learning Theory, and (4) Progressivism Theory. The subject in this
study was an science teacher at SD Saraswati 1 Denpasar. Methods used to
collect data are observations, structured interviews, literature studies, and
documents. The informant determination technique used is Purpose
Sampling. Data collected in analysis with data analysis techniques with data
reduction steps, data presentation (display data), and data verification
(conclusion drawing).
The results showed (1) Science learning planning is done by preparing
in advance learning materials, Learning Implementation Plan (RPP), media
and learning facilities, and learning resources. (2) The implementation of
online SCIENCE learning is conducted using power points or learning
videos sent through whatsapp application, google classroom, and zoom meeting. As well as using a Scientific approach with step 5M (Observing,
Questioning, Gathering information, Associating / Processing information,
and Communicating. (3) Online assessment of science learning used at SD
Saraswati 1 Denpasar using assessment rubric. Assessment is measured
according to the competency to be achieved. Assessment instruments used
in the form of tests and non-tests. Test instruments in the form of written
tests and oral tests. While non-test instruments are determined by
conducting observations, interviews, and questionnaires.
Keywords: Strategy, Learning, Science, Online, Elementary School

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 01:41
Last Modified: 21 Oct 2025 01:41
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/510

Actions (login required)

View Item
View Item