PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP KEPUASAN BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD INSAN PRESTASI SCHOOL TAHUN AJARAN 2020/2021

NI LUH PUTU PARAMITA SARI, - (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP KEPUASAN BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD INSAN PRESTASI SCHOOL TAHUN AJARAN 2020/2021. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
171103132_Ni Luh Putu Paramita Sari.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK

MODEL PEMBELAJARAN GENRATIF BERBANTUAN MULTIMEDIA
TERHADAP KEPUASAN BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD
INSAN PRESTASI SCHOOL TAHUN AJARAN 2020/2021

NI LUH PUTU PARAMITA SARI
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya

Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

Email : prmthsr@gmail.com

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa perubahan
hampir di semua aspek kehidupan manusia. Selain membawa manfaat bagi
kehidupan manusia, di satu sisi perubahan tersebut juga membawa kita pada era
persaingan global yang semakin ketat. Model pembelajaran Generatif merupakan
salah satu model pembelajaran yang menjadikan pembelajaran IPA menjadi lebih
bermakna serta dapat menciptakan iklim pembelajaran kontruktivis dengan asumsi
dasar bahwa pengetahuan dibangun dalam pikiran siswa. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran generatif berbantuan multimedia
terhadap kepuasan belajar IPA pada siswa kelas IV di SD Insan Prestasi School.
Dalam model pembelajaran Generatif siswa sendirilah yang lebih aktif secara
mental membangun pengetahuannya, sedangkan guru lebih berperan sebagai
fasilitator dan mediator dalam pembelajaran.
Jenis penelitian yang dilakukan ialah kuantitatif eksperimen semu dan
rancanganya non-equivalent control group design. Pada desain ini ada sampel
eksperimen dan sampel kontrol. Sampel yang digunakan adalah dua kelompok
kelas 4 SD Insan Prestasi School. Setelah dilakukan penelitian pada kelas IV SD
Insan Prestasi School diperoleh hasil yaitu adanya perbedaan rerata kuisioner
tingkat kepuasan belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan
menggunakan Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Multimedia dengan
siswa yang dibelajarkan secara konvensional. Hal tersebut didapat dari
perbandingan mean setelah diberikan angket kedua kelompok. Kelompok
eksperimen memiliki mean 119.79 lebih tinggi dari nilai mean kelompok kontrol
96.429 hasil pengujian uji ANAVA angket kepuasan belajar IPA didapat Fhitung =
21.348 kemudian dibandingkan dengan Ftabel = 4.03, sehingga Fhitung > Ftabel.
Sehingga terjadi penolakan H0. Maka dapat disimpulkan Model Pembelajaran
Generatif Berbantuan Multimedia berpengaruh signifikan terdahap kepuasan
belajar IPA pada siswa kelas IV SD Insan Prestasi School Tahun Ajaran 2020/2021.
Kata kunci : Model Pembelajaran Generatif, Kepuasan Belajar IPA

x
ABSTRACT

MULTIMEDIA-ASSISTED GENRATIVE LEARNING MODEL
TOWARDS IPA LEARNING SATISFACTION IN STUDENTS OF GRADE
IV ELEMENTARY SCHOOL ACHIEVEMENT SCHOOL YEAR

2020/2021

NI LUH PUTU PARAMITA SARI
Elementary School Teacher Education Department

Faculty of Dharma Acarya

State Hindu University I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

Email: prmthsr@gmail.com

The development of science and technology has brought about changes in
almost all aspects of human life. In addition to bringing benefits to human life, on
the one hand these changes also lead us to an era of increasingly fierce global
competition. The Generative learning model is one of the learning models that make
IPA learning more meaningful and can create a constructivist learning climate with
the basic assumption that knowledge is built into students' minds. This research
aims to find out the influence of multimedia-assisted generative learning models on
IPA learning satisfaction in grade IV students in Elementary School Achievement
School. In the Generative learning model, students themselves are more mentally
active in building their knowledge, while teachers are more instrumental as
facilitators and mediators in learning.
The type of research conducted is quantitative pseudo-experiments and the
design of non-equivalent control group design. In this design there are experimental
samples and control samples. The samples used were two 4th grade groups of Insan
Achievement School Elementary School. After research conducted in grade IV
elementary school achievement school obtained results, namely the difference in
average questionnaire level of IPA learning satisfaction between groups of students
who were taught using multimedia-assisted generative learning model with
conventionally taught students. This is obtained from the comparison of mean after
being given the questionnaire of both groups. The experimental group had a mean
of 119.79 higher than the control group's mean value of 96,429 ANAVA test results
and the learning satisfaction questionnaire of Fhi numera = 21,348 then compared
to Ftable = 4.03, so Fcalculated > Ftable. There is a rejection of H0. So it can be concluded
that the Multimedia Assisted Generative Learning Model has a significant effect on
IPA learning satisfaction in students of grade IV Elementary School Achievement
School Year 2020/2021.
Keywords: Generative Learning Model, IPA Learning Satisfaction

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 01:41
Last Modified: 21 Oct 2025 01:41
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/512

Actions (login required)

View Item
View Item