PROBLEMATIKA GURU DALAM PELAKSANAAN KELAS DARING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD NEGERI 5 KAWAN BANGLI

NI NENGAH WIDYAWATI SRI SUKMAYONI, - (2021) PROBLEMATIKA GURU DALAM PELAKSANAAN KELAS DARING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD NEGERI 5 KAWAN BANGLI. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
171103133_Ni Nengah Widyawati Sri Sukmayoni.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
PROBLEMATIKA GURU DALAM PELAKSANAAN KELAS DARING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD NEGERI 5 KAWAN BANGLI NI NENGAH WIDYAWATI SRI SUKMAYONI
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar Email : nengahwidiawati37@gmail.com
Pandemi Covid 19 telah berdampak pada berbagai bidang, tanpa terkecuali pada bidang pendidikan. Situasi ini menyebabkan berubahnya pembelajaran yang biasanya dilaksanakan dengan tatap muka menjadi dilaksanakan di rumah yang dilakukan secara daring. Perubahan ini tentunya tidak hanya membuat siswa merasa belum siap. Guru pun merasakan hal yang sama. Karena dalam pembelajaran ini banyak sekali permasalan-permaslahan yang dihadapi.
Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses pelaksanaan kelas daring pada pembelajaran tematik di SD Negeri 5 Kawan Bangli, 2) Apa saja problematika atau permasalahan yang dihadapi guru dalam proses pelaksanaan kelas daring pada pembelajaran tematik di SD Negeri 5 Kawan Bangli, 3) Bagaimana upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika yang dihadapi guru dalam pelaksanaan kelas daring pada pembelajaran tematik di SD Negeri 5 Kawan Bangli.
Teori yang digunakan untuk menganalisis rumusan masalah adalah Teori Behaviorisme, Teori Kognitif, dan Teori Motivasi. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara, studi kepustakaan, dokumentasi. Data yang terkumpul di analisis dengan langkah- langkah reduksi data, penyajian data, penyimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa. 1) pada proses pembelajaran tematik yang berlangsung yang dilaksanakan secara daring atau online. Guru melakukan beberapa proses seperti perencanaan (menyiapkan RPP, handphone, media pembelajaran online berupa whatsapp grup, buku, video pembelajaran dan media lainnya), pelaksanaan (penyampaian materi menggunakan pendekatan saintifik, metode tanya jawab serta pemberian tugas), dan evaluasi (pengumpulan tugas berupa foto melalui whatsapp grup kemudian guru memeriksa tugas siswa dan menuliskannya di laporan). 2) problematika yang dihadapi guru dalam pelaksanaan kelas daring adalah kurangnya penguasaan teknologi yang dimiliki guru, Kurang stabilnya koneksi jaringan internet, kurangnya pendampingan orang tua saat peserta didik belajar online, sehingga menyebabkan beberapa siswa menjadi kurang disiplin, perbedaan tingkat pemahaman setiap peserta didik. 3) upaya mengatasi problematika yang dihadapi guru dalam pelaksanaan kelas daring pada pembelajaran tematik di SD Negeri 5 Kawan Bangli yaitu dengan meningkatkan kompetensi guru dalam penguasaan teknologi, Kelonggaran waktu dalam pengiriman tugas, Guru bekerjasama dengan orang tua peserta didik, Memberikan bimbingan serta motivasi terhadap peserta didik.
Kata Kunci : Problematika Guru, Kelas Daring, Tematik

ABSTRACT
TEACHER PROBLEMS IN THE IMPLEMENTATION OF ONLINE CLASSES IN THEMATIC LEARNING AT SD NEGERI 5 KAWAN BANGLI
NI NENGAH WIDYAWATI SRI SUKMAYONI Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar Email : nengahwidiawati37@gmail.com
The COVID-19 pandemic has had an impact on various fields, without exception in the field of education. This situation causes learning that is usually carried out face-to-face to be carried out at home which is carried out online. This change, of course, does not only make students feel unprepared. The teacher felt the same way. Because in this study a lot of problems faced.
The problems that will be discussed in this study are 1) How is the process of implementing online classes in thematic learning at SD Negeri 5 Kawan Bangli, 2) What are the problems or problems faced by teachers in the process of implementing online classes in thematic learning at SD Negeri 5 Kawan Bangli , 3) How are the efforts made to overcome the problems faced by teachers in the implementation of online classes in thematic learning at SD Negeri 5 Kawan Bangli.
The theory used to analyze the problem formulation is Behaviorism Theory, Cognitive Theory, and Motivation Theory. The method used in data collection is the method of observation, interviews, literature study, documentation. The data collected was analyzed by the steps of data reduction, data presentation, conclusion and verification.
The results of this study concluded that. 1) in the ongoing thematic learning process which is carried out online or online. The teacher carries out several processes such as planning (preparing lesson plans, mobile phones, online learning media in the form of whatsapp groups, books, learning videos and other media), implementation (delivery of material using a scientific approach, question and answer method and assignment), and evaluation (collection of tasks in the form of photos via whatsapp group then the teacher checks student assignments and writes them in the report). 2) the problems faced by teachers in the implementation of online classes are the lack of mastery of technology owned by the teacher, limited internet quota, lack of collaboration between parents and students, causing students to become less disciplined, differences in the level of understanding of each student. 3) efforts to overcome the problems faced by teachers in implementing online classes in thematic learning at SD Negeri 5 Kawan Bangli, namely by increasing teacher competence in mastering technology, giving credit and time allowances in sending assignments, teachers working with parents of students, providing guidance and motivation to students. Keywords : Teacher Problems, Online Classes, Thematic

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 01:41
Last Modified: 21 Oct 2025 01:41
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/514

Actions (login required)

View Item
View Item