I GUSTI AGUS SURYA ADI UTAMA, - (2021) PERAN ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN SIKAP SOSIAL DAN RELIGIUS ANAK DALAM PROSES BELAJAR DARING DI KELAS III SD NEGERI 3 KAWAN. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of Skripsi]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171103141_I Gusti Agus Surya Adi Utama.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
ABSTRAK
PERAN ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN SIKAP SOSIAL DAN RELIGIUS ANAK DALAM PROSES BELAJAR DARING DI KELAS III DI SD N 3 KAWAN
I GUSTI AGUS SURYA ADI UTAMA
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Dharma Acarya Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa
E-mail: emonamuba87@gmail.com
Dengan pendidikan manusia diharapkan mampu mengenal dirinya, lingkungan sosialnya dan alam sekitarnya baik kongkret maupun abstrak. Salah satu pendidikan yang sangat perlu diperhatikan adalah pendidikan karakter Pemerintah mengeluarkan kebijakan baru era new normal sehingga aktivitas belajar di lakukan di rumah. Peran orang tua sangatlah penting dalam pendidikan, karena pendidikan yang pertama dan utama dimulai dari lingkungan keluarga.Sikap Religius sebagai perwujudan dari menguatkan interaksi vertikal dengan Tuhan Yang Maha Esa, sedangkan sikap sosial sebagai perwujudan eksistensi kesadaran dalam upaya mewujudkan harmoni kehidupan. Sikap Religius yang terkait dengan pembentukan seseorang yang beriman dan bertaqwa, dan sikap sosial yang terkait dengan pembentukan individu yang berahklak mulia, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab
Adapun masalah yang akan dibahas antara lain (1)Bagaimana Fungsi Orang tua dalam pembentukan sikap sosisal dan religius anak (2)Bagaimana strategi Orang tua dalam pembentukan sikap sosial dan religius anak (3)Bagaimana kendala dan upaya Orang tua dalam pembentukan sikap sosisal dan religius anak dalam proses.Tujuan penelitian ini (1)Untuk mengetahui Bagaimana Fungsi Orang tua dalam pembentukan sikap sosisal dan religius (2) Untuk menjelaskan Bagaimana strategi Orang tua dalam pembentukan sikap sosisal dan religius anak, (3)Untuk mengetahui Bagaimana kendala dan upaya yang di lakukan Orang tua dalam pembentukan sikap sosisal dan religius anak
Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah adalah: teori Humanistik menurut Abraham Maslow, Teori behavioristik menurut B.F. Skinner, Teori Fungsional Struktural. Subjek penelitian ini adalah guru dan orang tua siswa kelas 3 SDN 3 kawan. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi melalui informan dari objek yang diteliti.
Hasil penelitian menunjukkan: (1)Fungsi orang Tua dalam pembentukan sikap sosial dan religius anak yaitu dengan cara mendidik dan memberikan contoh yang baik (2)Strategi yang di lakukan orang tua dalam pembentukan sikap sosial dan religius anak yaitu dengan cara pemberian nasehat dan bimbingan,. (3)Kendala- kendala dan upaya apa yang di lakukan orang tua dalam pembentukan sikap sosial anak yaitu kendala internal (faktor dalam diri) dan kendala eksternal (faktor luar).
Kata kumci: Peran orang tua, Sikap Sosial, Sikap Religius
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with username isma |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 01:42 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 01:42 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/516 |