LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 12 PEMECUTAN TAHUN AJARAN 2020/2021

KADEK TRI INDAH LESTARI DEWI, - (2021) LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 12 PEMECUTAN TAHUN AJARAN 2020/2021. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
171103144_Kadek Tri Indah Lestari Dewi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 12 PEMECUTAN TAHUN AJARAN 2020/2021
KADEK TRI INDAH LESTARI DEWI
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar Email: indahlestaridewi99@gmail.com
Literasi matematika merupakan suatu pengetahuan untuk mengetahui dan menerapkan matematika dasar dalam kehidupan kita sehari-hari.
Masalah yang dibahas pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan literasi matematika pada siswa kelas V SD Negeri 12 Pemecutan?, 2) Bagaimana tingkat literasi matematika pada siswa kelas V SD Negeri 12 Pemecutan?, 3) Apa faktor pendukung dan penghambat perkembangan literasi matematika pada siswa kelas V SD Negeri 12 Pemecutan?, 4) Bagaimana upaya guru dan pihak sekolah dalam menerapkan literasi matematika pada siswa kelas V SD Negeri 12 Pemecutan?. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan literasi matematika pada siswa kelas V SD Negeri 12 Pemecutan, 2) Mendeskripsikan tingkat literasi matematika pada siswa kelas V SD Negeri 12 Pemecutan, 3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat perkembangan literasi matematika pada siswa kelas V SD Negeri 12 Pemecutan, 4) Mendeskripsikan upaya guru dan pihak sekolah dalam menerapkan literasi matematika pada siswa kelas V SD Negeri 12 Pemecutan.
Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah ini adalah teori kognitif, teori behaviorisme, teori motivasi, teori belajar matematika dan teori belajar sosial. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan wawancara. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan bantuan SPSS dan triangulasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) literasi matematika pada masa pandemi dilaksanakan dengan sistem daring, 2) tingkat literasi matematika siswa kelas V berada pada level 3 PISA, 3) faktor pendukung literasi matematika datang dari pihak sekolah maupun luar sekolah, sedangkan faktor penghambat literasi matematika salah satunya yaitu potensi guru, 4) upaya yang dilakukan guru dan pihak sekolah dalam menerapkan literasi matematika yaitu dengan melatih siswa tentang literasi matematika pada setiap pembelajarannya.
Kata Kunci: Literasi Matematika.
vii

kemampuan siswa dalam matematika tidak sekedar memiliki kemampuan berhitung saja, akan tetapi mampu menggunakannya dalam pemecahan masalah sehari-hari. Faktnya bahwa tidak semua peserta didik yang menyukai pembelajaran matematika, kebanyakan peserta didik menganggap bahwa pembelajaran matematika susah. Oleh karena itu menjadi alasan utama peneliti
Tuntutan
untuk mengetahui tingkat literasi matematika peserta didik.

ABSTRACT
MATHEMATICS LITERACY OF FIFTH GRADE STUDENTS AT SD NEGERI 12 PEMECUTAN IN 2020/2021
KADEK TRI INDAH LESTARI DEWI Department of Elementary School Teacher Education Faculty of Dharma Acarya
State Hindu University I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar Email: indahlestaridewi99@gmail.com
Mathematical literacy is aknowledge to know and apply basic mathematics in our daily life.
The problems discussed in this study are: 1) What is the implementation of mathematical literacy in fifth grade students of SD Negeri 12 Pemecutan?, 2) How is the level of mathematical literacy in fifth grade students of SD Negeri 12 Pemecutan?, 3) What are the supporting and inhibiting factors for literacy development mathematics in fifth grade students of SD Negeri 12 Pemecutan?, 4) What are the efforts of teachers and schools in applying mathematical literacy to fifth grade students of SD Negeri 12 Pemecutan?. This study aims to: 1) describe the implementation of mathematical literacy in fifth grade students of SD Negeri 12 Pemecutan 2) describe the level of mathematical literacy in fifth grade students of SD Negeri 12 Pemecutan, 3) describe the supporting and inhibiting factors for the development of mathematical literacy in fifth grade students. SD Negeri 12 Pemecutan, 4) Describe the efforts of teachers and schools in implementing mathematical literacy in fifth grade students of SD Negeri 12 Pemecutan.
The theories used to analyze this problem are cognitive theory, behaviorism theory, motivation theory, mathematics learning theory and social learning theory. Methods of data collection using test and interview methods. The collected data were analyzed with the help of SPSS and data triangulation.
The results of this study indicate that: 1) the level of mathematical literacy of class V students is at level 3 PISA, 2) mathematical literacy during the pandemic is carried out using an online system, 3) the supporting factors for mathematical literacy come from the school and outside the school, while the inhibiting factors for literacy one of which is the potential of teachers, 4) the efforts made by teachers and the school in implementing mathematical literacy, namely by training students about mathematical literacy in each lesson.
Keywords: Mathematical Literacy.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 01:42
Last Modified: 21 Oct 2025 01:42
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/518

Actions (login required)

View Item
View Item