PEMANFAATAN CERITA BERGAMBAR DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA DI SD NEGERI 4 KUBU BANGLI

NI LUH EKAYANI, - (2021) PEMANFAATAN CERITA BERGAMBAR DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA DI SD NEGERI 4 KUBU BANGLI. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
171103154_Ni Luh Ekayani.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PEMANFAATAN CERITA BERGAMBAR
DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA DI SD NEGERI 4 KUBU BANGLI
NI LUH EKAYANI
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar Email : ekaayanii6@gmail.com
Minat baca merupakan dorongan kuat yang disertai dengan upaya seseorang untuk membaca. Membaca memiliki peran penting pada kemajuan suatu negara. Namun, faktanya banyak siswa khususnya di sekolah dasar memiliki minat baca yang rendah. Hal ini ditenggarai karena bahan bacaan yang kurang menarik. Oleh karena itu diperlukan bahan bacaan yang menarik dan dapat menumbuhkan minat baca siswa. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui: (1) Implementasi pemanfaatan cerita bergambar dalam menumbuhkan minat baca siswa di SD Negeri 4 Kubu, (2) Perkembangan minat baca siswa melalui pemanfaatan cerita bergambar di SD Negeri 4 Kubu, (3) kendala-kendala dalam pemanfaatan cerita bergambar dalam menumbuhkan minat baca siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Adapun teori yang digunakan yaitu teori behaviorisme yang dikemukakan oleh Ivan Petrovich Pavlov dan teori motivasi yang dikemukakan oleh B.F Skinner. Dalam mengumpulkan data menggunakan metode observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan studi dikumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan metode pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penyimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian (1) Implementasi cerita gambar yang dibahas mulai dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. (2) minat baca siswa tumbuh melalui pemanfaatan cerita bergambar yang disasarkan pada indikator minat membaca yaitu : kebutuhan terhadap bahan bacaan, tidakan untuk mencari bacaan, rasa senang terhadap bahan bacaan, ketertarikan terhadap bacaan, dan keinginan untuk selalu membaca. (3) kendala-kendala dalam pemanfaatan cerita bergamar yaitu: kondisi fisik, kondisi psikis, terbatasnya jumlah cerita yang sama, kemampuan membaca, kuota internet, lingkungan, dan orang tua.
Kata Kunci : Cerita Bergambar, Minat Baca, Sekolah Dasar

ABSTRACT
USE OF PICTURE STORIES
IN GROWING STUDENT'S READING INTEREST AT STATE ELEMENTARY SCHOOL 4 KUBU BANGLI
NI LUH EKAYANI
Elementary School Teacher Education Department Faculty of Dharma Acarya
I Gusti Bagus Sugriwa State Hindu University Denpasar Email : ekaayanii6@gmail.com
Interest in reading is a strong urge accompanied by one's efforts to read. Reading has an important role in the progress of a country. However, the fact is that many students, especially in elementary schools, have low interest in reading. This is suspected because the reading material is less interesting. Therefore, reading materials are needed that are interesting and can foster students' interest in reading. This study aims to determine: (1) the implementation of the use of illustrated stories in fostering students' reading interest in SD Negeri 4 Kubu, (2) The development of students' reading interest through the use of illustrated stories in SD Negeri 4 Kubu, (3) the obstacles in the use of stories illustrated in fostering students' interest in reading. The method used in this research is qualitative method. The theory used is the theory of behaviorism proposed by Ivan Petrovich Pavlov and the theory of motivation proposed by B.F Skinner. In collecting data using the method of observation, interviews, literature study, and study of documentation. The data that has been collected were analyzed by methods of data collection, data reduction, data presentation, inference and verification. The results of the study (1) The implementation of the picture story discussed starting from the planning stage, implementation stage, and evaluation stage. (2) students' reading interest grows through the use of illustrated stories that are targeted at indicators of reading interest, namely: the need for reading materials, actions to find reading, pleasure in reading materials, interest in reading, and the desire to always read. (3) the constraints in the use of picture stories are: physical condition, psychological condition, limited number of the same story, reading ability, internet quota, environment, and parents.
Keywords: Picture Stories, Interest in Reading, Elementary School

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 01:42
Last Modified: 21 Oct 2025 01:42
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/522

Actions (login required)

View Item
View Item