NI WAYAN ELIS DIANTARI, - (2021) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PROSES BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR NO. 2 GETASAN KECAMATAN PETANG KABUPATEN BADUNG. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of Skripsi]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171103159_Ni Wayan Elis Diantari.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK
PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PROSES BELAJAR IPA
DI SEKOLAH DASAR NO. 2 GETASAN KECAMATAN PETANG KABUPATEN BADUNG
NI WAYAN ELIS DIANTARI
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar Email: elisdiantari7741@gmail.com
Pembelajaran IPA di sekolah dasar membutuhkan pemahaman konsep dan hafalan materi, sehingga siswa membutuhkan motivasi belajar agar pembelajaran IPA dapat berjalan dengan baik. Penggunaan media pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar IPA bagi siswa di Sekolah Dasar No. 2 Getasan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis media pembelajaran, strategi guru dalam penggunaan media pembelajaran dan dampak penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar IPA. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori dual coding dan teori kontruktivisme. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa di Sekolah Dasar No. 2 Getasan. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, kepustakaan, dan dokumen. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Jenis media yang digunakan dalam proses belajar IPA adalah media visual dan media audio visual. Media visual yang digunakan dalam proses belajar IPA pada kelas IV yaitu: (a) Media kolase kupu- kupu, (b) Media daur hidup tumbuhan, (c) Media cakram warna, dan (d) Media poster hemat energi. Media visual yang digunakan dalam proses belajar IPA pada kelas V yaitu: (a) Media torso rangka tubuh manusia dan (b) Media anatomi tubuh manusia. Media audio visual yang digunakan dalam proses belajar IPA pada kelas IV yaitu: (a) Media alat musik tradisional. Media audio visual yang digunakan dalam proses belajar IPA pada kelas V yaitu: (a) Video siklus air. (2) Strategi guru yang digunakan ialah (a) Persiapan sebelum menggunakan media yaitu kegiatan guru sebelum proses belajar dengan menggunakan media pembelajaran. (b) Penyajian media yaitu serangkaian kegiatan guru pada saat proses belajar dengan menggunakan bantuan media pembelajaran. (c) Kegiatan tindak lanjut yaitu kegiatan yang dilakukan untuk memantapkan pemahaman siswa mengenai materi yang dibahas dengan mengadakan evaluasi. (3) Dampak penggunaan media pembelajaran yaitu (a) Menumbuhkan motivasi belajar siswa, (b) Meningkatkan kreativitas siswa, (c) Meningkatkan hasil belajar siswa, dan (d) Meningkatkan prestasi sekolah.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Belajar IPA
ABSTRACT
PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PROSES BELAJAR IPA
DI SEKOLAH DASAR NO. 2 GETASAN KECAMATAN PETANG KABUPATEN BADUNG
NI WAYAN ELIS DIANTARI
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar Email: elisdiantari7741@gmail.com
Learning science in elementary school requires understanding concepts and memorizing material, so students need motivation to learn so that science learning can run well. The use of learning media can increase the motivation to learn science for students at Sekolah Dasar No. 2 Getasan.
This study aims to determine the types of learning media, teacher strategies in the use of learning media and the impact of using learning media in the science learning process. This study uses a qualitative descriptive research design using dual coding theory and constructivism theory. The subjects in this study were teachers and students at Sekolah Dasar No. 2 Getasan. The method used is observation, interviews, literature, and documents. Determination of the sample using purposive sampling technique.
The results showed (1) the types of media used in the science learning process were visual media and audio-visual media. The visual media used in the science learning process in grade IV are: (a) Butterfly collage media, (b) Plant life cycle media, (c) Color disc media, and (d) Energy-saving posters media. The visual media used in the science learning process in class V are: (a) Torso of the human body media, and (b) Anatomy of the human body media. Audio visual media used in the science learning process in class IV are: (a) Traditional musical instrument media. The audio-visual media used in the science learning process in class V are: (a) Video of the water cycle. (2) The teacher strategy used is (a) Preparation before using the media, namely the teacher's activities before the learning process by using learning media. (b) Media presentation is a series of teacher activities during the learning process using the help of learning media. (c) Follow-up activities are activities carried out to strengthen students' understanding of the material discussed by conducting an evaluation. (3) The impact of using learning media is (a) Growing student motivation, (b) Increasing student creativity, (c) Increasing student learning outcomes, and (d) Increasing school achievement.
Keywords: Learning Media, Learning Science
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with username isma |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 01:42 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 01:42 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/523 |