NI LUH AYU VICITRA VIRYA, - (2021) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN IPA DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SD NO 1 PETANG KECAMATAN PETANG KABUPATEN BADUNG. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of Skripsi]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171103160_Ni Luh Ayu Vicitra Virya.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
ABSTRAK
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN IPA DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SD NO 1 PETANG KECAMATAN PETANG KABUPATEN BADUNG
NI LUH AYU VICITRA VIRYA
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
E-Mail: ayuvicitra567@gmail.com
Kurikulum 2013 memuat seluruh bidang pelajaran didalamnya, yang di rangkum menjadi satu dalam sebuah Tema. Pembelajaran IPA diberlakukan dari kelas IV hingga kelas VI pada tingkat sekolah dasar. Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah dengan adanya pembelajaran IPA diharapkan siswa memiliki kompetensi afektif, kognitif dan psikomotorik yang seimbang. Namun, dengan adanya jumlah siswa di atas rata-rata dalam satu rombel tentu akan menjadi sebuah penghambat dalam pencapaian tujuan tersebut. Adapun masalah yang akan dibahas, antara lain: (1) Pelaksanaan pembelajaran IPA pada kelas V. (2) kendala- kendala yang dihadapi dalam pembelajaran IPA. (3) upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala dalam pembelajaran IPA pada kelas V di SD No 1 Petang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pola pembelajaran IPA. (2) menganalisis kendala-kendala yang dihadapi pada pembelajaran IPA. (3) menganalisis upaya-upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala-kendala pada pembelajaran IPA di SD No 1 Petang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang berlokasi di SD No 1 petang. Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi, wawancara, studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan (1) pelaksanaan pembelajaran di SD No 1 petang menggunakan pola pembelajaran IPA yang terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti, dan kegiatan penutup, menggunakan model pembelajaran dengan pendekatan saintifik, dan model pembelajaran inquiry.(2) kendala-kendala pada pembelajaran IPA di hadapi oleh guru, siswa dan sekolah.(3) upaya yang dilakukan guru dalam menghadapi kendala pada pembelajaran IPA adalah dengan mengatur pengelolaan kelas, memahami karakter peserta didik, dan memberi perhatian pada siswa yang kurang berkonsentrasi. Upaya yang dilakukan siswa adalah mencatat apa yang didengar dan dapat di lihatnya di power point tak
ix
menghiraukan siswa lain yang ingin mengajak bermain karena adanya pembajaran daring upaya yang dilakukan sekolah dalam menunjang proses pembelajaran Daring adalah dengan membatasi jumlah penerimaan peserta didik baru, mengenai pembenahan fasilitas penunjang pembelajaran pihak sekolah hanya dapat menunggu dana dari bantuan opersional sekolah.
Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Mata Pelajaran IPA, Pandemi Covid-19
ABSTRACT
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN IPA DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SD NO 1 PETANG KECAMATAN PETANG KABUPATEN BADUNG
NI LUH AYU VICITRA VIRYA
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
E-Mail: ayuvicitra567@gmail.com
The 2013 curriculum contains all subject areas in it, which are summarized into one theme. Science learning is implemented from grade IV to grade VI at the elementary school level. The background of the problem in this study is that with science learning, students are expected to have balanced affective, cognitive and psychomotor competencies. However, with the number of students above the average in one group, it will certainly be an obstacle in achieving these goals. The problems that will be discussed include: (1) the pattern of learning science in class V. (2) the obstacles faced in learning science. (3) the efforts made to overcome the obstacles in learning science in class V at SD No 1 Petang. This study aims to (1) describe the pattern of science learning. (2) analyze the obstacles faced in learning science. (3) analyze the efforts made in overcoming the obstacles in learning science at SD No 1 Petang.
This type of research is a qualitative research with a phenomenological approach located at SD No 1 Petang. Data collection techniques are observation, interview, literature study and documentation study. Data were analyzed by qualitative descriptive analysis method through data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions.
The results showed (1) the learning pattern at SD No 1 Petang used a science learning pattern consisting of preliminary, core, and closing activities, using a learning model with a scientific approach, and an inquiry learning model. (2) constraints on science learning faced by teachers, students and schools. (3) the efforts made by teachers in dealing with obstacles in learning science are by regulating class management, understanding the character of students, and paying attention to students who are less concentrated. Efforts made by students are to record what they hear and see on power point regardless of other students who want to invite them to play because of online learning. The efforts made by schools in supporting the online learning process are to limit the number of new student admissions, regarding the improvement of supporting facilities. the school can only wait for funds from the school's operational assistance.
Keywor:Online Learning, Science Subjects, Covid-19 pandemic
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with username isma |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 01:42 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 01:42 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/524 |